Memantau Mutu dan Keamanan Komoditi Perikanan

12 March 2019 06:52
Memantau Mutu dan Keamanan Komoditi Perikanan
Kadis Perikanan dan Pertanian Evi Apryalti (tengah)

BugisPos – Komiditas perikanan di Makassar diharapkan dengan mutu yang baik. Selain itu, juga diharapakan komoditas ini dalam kondisi yang aman.

Terkait hal itu, Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar melakukan pengawasan mutu dan keamanan terpadu komoditi perikanan di Pangkalan dan Pendaratan Ikan (PPI) Paotere, Selasa 5/3/2019.

 

DP2 Makassar tidak sendiri, SKPD yang dipimpin Evy Apriyalti ini juga melibatkan Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Makassar.

“Kami sering bekerjasama dengan BKIPM Makassar dan pengawasan mutu terpadu ini adalah salah satunya,” kata Evi Apryalti.

Pengawasan ini bertujuan untuk menjamin mutu dan keamanan hasil perikanan di pasar sebagai salah satu sentra penyedia pangan sehat bagi masyarakat.

Menurut Kepala BKIPM Makassar, Sitti Chadijah, terjaminnya mutu dan keamanan hasil perikanan merupakan indikator keberhasilan pemantauan ini.

Guna memastikan keamanan produk sebelum dikonsumsi, sejumlah produk perikanan dilakukan pengujian mutu di laboratorium.

“Setelah disampling, kami melakukan pengujian mutu di laboratorium untuk memantau mutu ikan apakah layak dikonsumsi oleh masyarakat atau tidak,” terang Sitti.

Selain PPI Paotere, kegiatan pengawasan mutu ini juga dilaksanakan di sejumlah pasar tradisional, pasar modern, unit pengolahan ikan dan pemasok hasil perikanan di Makassar (adv)

 

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya