HTTP Status[404] Errno [0]

Tawwa Pemkab Mulai Bahas Persiapan Pemberangkatan CJH Bulukumba

16 March 2019 12:42
Tawwa Pemkab Mulai Bahas Persiapan Pemberangkatan CJH Bulukumba

BugisPos.- Meskipun pemberangkatan Calon Jamaah Haji ( CJH ) musim haji tahun 2019 masih terbilang lama, namun Pemerintah Kabupaten Bulukumba sudah melakukan persiapan pemberangkatan CJH.

Seperti pada Rabu (13/3) pagi tadi, Kepala Bagian Kesra Setda Bulukumba Hj.Darmawati, mewakili Asisten Administrasi Pembangunan memimpin rapat persiapan pemberangkatan CJH Bulukumba di ruang rapat Asisten Administrasi Pembangunan, dihadiri Kepala Kementerian Agama diwakili KTU H.Muh.Yunus, Kasdim 1411 Bulukumba May.Inf.Kamaluddin Samad, Pejabat mewakili Kadis Kesehatan, Pejabat Dinas Perhubungan, Satpol PP, Ketua BKPRMI dan unsur terkait.

Dihadapan peserta rapat, Kabag Kesra Hj.Darmawati mengajak pihak terkait untuk bersama sama mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji tahun lalu, guna meminimalisir kekurangan atau permasalahan yang ada, khususnya pemberian pelayanan kepada para tamu Allah yang akan menunaikan ibadah haji pada musim haji 2019

” Kami berharap tahun ini, pelayanan kita lebih baik dari tahun kemarin, pelaksanaan pemberanngkatan dan pemulangan CJH kita maksimalkan pelayanannya. Kelemahan atau kekurangan tahun lalu, kita upayakan tidak terulang pada tahun ini. Dan pada kesempatan ini, kami meminta personil yang betugas selaku pengamanan maupun pengawalan, mohon dibuatkan surat tugas dan daftar nama nama dari masing institusi,” harap Hj.Darmawati sambil berharap masukan dan saran dari peserta rapat, khususnya terkait soal kekurangan di masing masing bidang pada pelaksanaan tahun lalu, untuk disempurnakan bersama.

Menanggapi pernyataan Kabag Kesra, Kepala Staf Kodim 1411 Bulukumba May.Inf.Kamaluddin Samad meminta kepada Pemkab Bulukumba agar bersurat ke Kodim 1411 Bulukumba sebagai dasar untuk menugaskan personil di pengamanan.

Dan menurut Kabag Kesra Hj.Darmawati, pihaknya tetap akan. bersurat untuk permintaan pengamanan kepada Kapolres Bulukumba, Dandim 1411 Bulukumba, Kasat Pol PP. Demikian juga kepada Kadis Perhubungan dan Ketua BKPRMI dan unsur terkait lainnya.

Sementara itu Kasi Haji Kementerian Agama Bulukumba H.A.Mapparola menyampaiksan, bahwa kuuta haji untuk Indonesia tahun 2019 sebanyak 22.447 orang, Kuota untuk Provinsi Sulsel sebanyak 7.296 orang dan untuk Kabupaten Bulukumba mendapat Kuota sebanyak 409 jemaah haji, diluar TPHD.

Pada kesempatan itu, Kasi Haji Kemenag Bulukumba H.A.Mapparola juga menyampaikan bagi calon Jemaah haji yang meninggal dunia, maka yang berhak menggantikan adalah ahli warisnya yaitu Isteri/
Suami atau Anak/ Menantu.

Sedangkan dari Dinas Kesehatan menyampaikan, dalam waktu dekat, akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan untuk tahap kedua sebelum perekaman geometrik.

Pembicara terakhir KTU Kemenag H.Muh.Yunus .menyatakan penyelengaraan haji terjadi perubahan sistem yang selama ini dikelola dengab menggunakan anggaran dari calon jemaah haji dan mulai tahun kemarin anggaran penyelenggaraan haji ditanggung oleh Pemerintah melalui dana APBD.

” Kita tidak inginkan kelemahan tahun kemarin terulang ditahun ini, misalnya pengangkutan koper jemaah haji waktu pemulangan kurang terkontrol dengan baik karena saling mengharap,” harap H.Muh.Yunus.

Meski masih terdapat kekurangan, namun menurut KTU Kemenag Bulukumba H.Muh.Yunus, sesuai penilaian dari Kementerian Agama Urusan Haji Provinsi Sulsel, menilai dari seluruh daerah, Penyelenggaraan pemberangkatan dan pemulangan Haji Kabupaten Bulukumba masuk kategori terbaik di Sulsel. –Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya