HTTP Status[404] Errno [0]

Penyakit Tidak Menular ji yang Mendominasi

20 June 2019 01:53
Penyakit Tidak Menular ji yang Mendominasi
dr Hartati

BugisPos – Terdapat 10 penyakit tertinggi yang ada pada masyarakat di Kota Makassar didominasi oleh Penyakit Tidak Menular (PTM). Demikian dikatakan Kepala Bidang P2PL Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Hartati

“Kita memang ada perubahan pola dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular. Dan PTM ini jauh lebih berbahaya karena resikonya lebih tinggi,” ungkapnya, Kamis, 14/3/19.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh prilaku masyarakat itu sendiri, mulai dari gaya hidup, pola makan, hingga kurang berolahraga.

“Untuk 10 penyakit tertinggi di Makassar yang pertama stroke, hipertensi, diabetes kanker, kecelakaan kemudian baru di situ ada TB, ada diare ada penyakit kulit dan lain-lain. Memang di dominasi PTM,” ungkapnya lagi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, lanjutnya, Dinas Kesehatan mengeluarkan program GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat), yang penekanannya terhadap 3 hal utama yakni: Makan Sayur dan buah, latihan fisik, serta pembinaan posyandu.

“Pos pembinaan terpadu semua ada di masyarakat, jadi setiap kelurahan atau RT ada posbindu di situ melakukan pemeriksaan tensi, gula, kolesterol, lingkar perut. Kita ada alatnya kita serahkan ke lembaga Swadaya masyarakat untuk menyusun jadwalnya sendiri, semua bahannya disiapkan Dinkes,” tuturnya (**)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya