HTTP Status[404] Errno [0]

Tawwa Pelajar MAN 2 Bulukumba Diajari Simulasi Penanganan Bencana

26 March 2019 11:00
Tawwa Pelajar MAN 2 Bulukumba Diajari Simulasi Penanganan Bencana

BugisPos.- Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Bulukumba bersama elemen masyarakat, dalam penanganan bencana yang sewaktu waktu bisa saja terjadi, aktif melakukan simulasi melibatkan institusi terkait.

Seperti dilakukan di Madrasah Aliah Negeri ( MAN) 2 Bulukumba, atas inisiatif Kabag Kesra Hj.Darmawati bersama Kepala MAN 2 H.Syarifuddin, Selasa (26/3) pagi tadi melakukan simulasi penanganan bencana gempa di sekolahnya, bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Bulukumba.

Pada simulasi yang dipimpin Kepala Seksi Pencegahan Kesiapsiagaan Kantor BPBD Bulukumba Abd.Haris.S.Ap, melibatkan 25 orang personil BPBD dan kurang lebih 300 orang pelajar MAN 2, disaksikan Kabag Kesra Hj.Darmawati, Kepala MAN 2 H.Syarifuddin dan para guru.

Pada simulasi yang dimulai pukul 09.00 hingga 09.30 Wita, menggambarkan para siswa sedang belajar, tiba tiba terjadi gempa dan merusak beberapa bagian bangunan, serta para siswa terjebak pada reruntuhan bangunan.

Para petugas BPBD dengan peralatan yang dibawa, segera melakukan pertolongan kepada para siswa yang terjebak reruntuhan bangunan yang ada pada lantai dua bangunan sekolah itu, selanjutnya korban yang terluka dievakuasi ke tenda darurat untuk selanjutnya dibawa ke rumah sakit.

Kabag Kesra Hj.Darmawati selaku inisiator kegiatan simulasi ini didampingi Kepala MAN 2 H.Syarifuddin dan Kasi Penanganan
Pencegahan Kesiapsiagaan Kantor BPBD Abd.Haris kepada awak media BugisPos.com usai pelaksanaan simulasi menjelaskan, kegiatan simulasi penanganan darurat bencana, bertujuan untuk memberikan pemahanan kepada peserta didik, bagaimana menyelamatkan diri jika terjadi bencana.
” Jadi kegiatan simulasi ini terlaksana atas kerjasama teman teman dari BPBD, dan kebetulan kami sebagai pembina kegiatan UKS di MAN 2 yang mengikuti Lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi mewakili Bulukumba,” jelas Hj.Darmawati sambil menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran BPBD Bulukumba atas kerjasamanya pada kegiatan simulasi ini.

Demikian pula disampaikan kepala MAN 2 H.Syarifuddin, dia menyambut baik upaya yang dilakukan Kabag Kesra yang menginisiasi kegiatan simulasi ini, dan dia menilai kegiatan simulasi tersebut sangat bermanfaat.

Abd.Haris dari BPBD juga menyampaikan, simulasi penanganan bencana ini, sudah menjadi kewajiban dari Institusinya, agar masyarakat bisa memahami apa yang dilakukan jika sewaktu waktu terjadi bencana.- Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya