Harun Rani: Perlumi UKM Manfaatkan Teknologi

30 March 2019 18:21
Harun Rani: Perlumi UKM Manfaatkan Teknologi

BugisPos – Dengan kemajuan teknologi yang luar biasa, harusnya memang pelaku UKM jeli memanfakan sebaik-baiknya. Jangan sampai ketinggalan zaman.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kota Makassar, Harun Rani, membeberkan persoalan mendasar yang menghambat perkembangan UKM yang selama ini menghambat pertumbuhan ekonomi di Makassar.

Di hadapan pelaku usaha, Jumat 29/3/19, Harun menyebutkan teknologi bagian tak terpisahkan bagi peningkatan kualitas UKM. Untuk itu, kata dia, perlu adannya sosialisasi dan pelatihan mendasar untuk mengatasi persoalan tersebut.

“Di era teknologi zaman ini, para pelaku UKM perlu memanfaatkan teknologi untuk memasarkan dagangannya. Dengan memanfaatkan teknologi, mereka para pelaku UKM dapat mengefektifkan waktu dan tentu meningkatkan omset penjualan,” kata Harun di Hotel Asyira Makassar, Jumat, 29 Maret 2019.

Harun bahkan mencontohkan teknologi yang gemar digunakan warga Makassar sebagai jasa pengantar makanan berbasis online. “Seperti Go Food dan Grab Food,” katanya.

Menurut Harun, dengan memanfaatkan teknologi semacam itu, warga yang berjualan makanan cukup menggunakan smartphone mereka dari rumah.

“Kita sekarang lihat semenjak ada Go Food dan Grab Food, warga mendaftarkan usaha kuliner mereka, kemudian para driver mengantarkan pesanan makanan ke konsumen yang memesan,” terangnya lagi.

Harun berharap, dari kegiatan sosialisasi yang menghadirkan pakar teknologi informasi dan pelaku usaha UKM, warga semakin tercerahkan dan akan mulai melirik teknologi informasi dalam berdagang.

Menurutnya, dengan hadirnya para narasumber yang ahli di bidangnya akan menambah wawasan para peserta.

Sebagai pelengkap, peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi peningkatan kualitas UKM angkatan I berasal dari 15 kecamatan se-Kota Makassar (**)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya