HTTP Status[404] Errno [0]

Tahun ke Tujuhmi Makassar Ikut Verifikasi

30 March 2019 06:32
Tahun ke Tujuhmi Makassar Ikut Verifikasi
dr Naisyah Tun Azikin

BugisPos — Prestasi yang ditorehkan Dinas Kesejatan kota Makassar dibawah nakhoda dr Naisyah Tun Azikin, sungguh menggembirakan. Agaknya karena prestasi inilah yang mendorong Walikota Danny Pomanto menunjuk Naisyah menjadi Plt Sekda Makassar.

Kali ini, Pemkot Makassar akan kembali bertarung prestasi, dengan menerima kunjungan Tim Verifikasi Kota Sehat Provinsi Sulawesi Selatan, di Ruang Sipakale’bi Kantor Balaikota Makassar, Jumat (22/2/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, ini merupakan tahun ketujuh Kota Makassar mengikuti verifikasi untuk penghargaan Kota Sehat atau Swasti Saba

“Kita sudah dapat yang pertama Padapa 2006/2007, sudah itu 2009 dapat lagi Wiwerda,” sebut Naisyah.

Sementara itu, untuk Predikat Wistara yang merupakan level tertinggi dari Swasti Saba setelah Padapa dan Wiwerda, Naisyah menyebut tahun ini adalah tahun kelima Makassar mengikuti Wistara.

“Jadi Makassar sudah ikut ketujuh kalinya ini. 1 kali Padapa, 1 kali Wiwerda, dan 4 kali Wistara. Terus Wistara kita ambil 7 tatanan yang tertinggi. Yang sekarang ini kita ikut untuk yang kelima kalinya untuk Wistara,” terangnya.

Naisyah menyebutkan, hal penting yang menjadi penilaian tim verifikasi bukanlah hasil melainkan seluruh rangkaian proses dalam menuju Kota Sehat.

“Yang dinilai bukan output, tapi proses. Proses menuju kota sehat,” singkatnya.

Naisyah menambahkan, untuk menuju pada Kota Sehat, ada beberapa indikator yang menjadi penilaian. Bukan hanya dari dinas kesehatan melainkan melibatkan seluruh SKPD dalam jajaran pemerintah kota.

“Jadi ada beberapa indikator penilaian, itu yang mereka nilai. Inikan tatanan bukan bidang kesehatan saja. Semua SKPD terlibat. Seperti pariwisata sehat, perhubungan dan lalu lintas sehat, perkantoran sehat, kehidupan sosial yang sehat. Yang dinilai payung-payung hukum bahwa itu sudah terbentuk (aturan) semua,” jelasnya.

“Paling tidak dilihat sekarang sudah terbentuk, beberapa tahun kedepan dilihat lagi dampaknya,” pungkas Naisyah (adv)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya