HTTP Status[404] Errno [0]

Bagus tonji Kalau Bikin Kanal Selatan

09 April 2019 10:42
Bagus tonji Kalau Bikin Kanal Selatan
Suasana rapat di ruangan Bappeda Balaikota membicarakan rencana Kanal Selatan

BugisPos – Untuk membebaskan Makassar dari banjir, di zaman Walikota Soewahyo dibangun tiga kanal, yakni kanal Jongaya, kanal Sinrijala dan kanal Pannampu. Sejak ke tiga kanal berfungsi, ternyata cukup efektif mengatasi banjir.

Hanya saja dalam waktu yang panjang, tiga kanal itu tak mampu melawan sedimen yang setiap saat menumpuk di perut kanal, kemudian banjir pun dengan mudah melahap wilayah sekitar.

Kini, muncul perkembangan baru, Pemkot Makassar ingin membangun kanal Selatan, agar daerah selatan ini terhindar dari banjir.

Dinas PU Kota Makassar, bikin pertemuan bersama beberapa stakeholder membahas pembangunan kanal. Rapat yang digelar di ruangan Bappeda Makassar, Senin (8/4/2019), membahas penerusan kanal Jongaya dan pembangunam kanal Selatan Reklamasi di pesisir barat Kota Makassar.

“Pertemuan tersebut menyangkut visibility study terkait rencana pembangunan kanal Selatan dan kanal Jurusan Jongaya,” kata Hamka Darwis, Kabag Humas Dinas PU kota Makassar.

Hamka bilang, rapat tersebut dihadiri pihak Bappeda pihak Kecamatan, Kelurahan dan Dinas PU, serta pihak Balai Pompengan dan beberapa stakeholder terkait.

Dikatakan, pada hakekatnya pertemuan membahas pembangunan konsultasi visibility study atau studi kelayakan memaparkan materi pembangunan kanal.

“Tujuan pembangunan kanal tersebut untuk mengatasi masalah banjir yang ada di kanal Jongaya. Juga diharap mampu mengatasi persoalan air limbah yang ada di kanal tersebut,” kata Hamka (**)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya