HTTP Status[404] Errno [0]

Pentingnya Dongeng untuk Anak-anak

13 April 2019 11:49
Pentingnya Dongeng untuk Anak-anak
Dinas Perpustakaan Makassar menghadirkan 20 pendongeng untuk menghibur 1000 anak-anak untuk gemar membaca

BugisPos – Dalam proses pertumbuhan bagi anak-anak, kehadiran dongeng dalam kehidupan mereka adalah hal yang maha penting. Salah satunya ialah, agar anak-anak tertarik membaca, setidaknya membaca karya cerita dongeng.

Terkait hal itu, Dinas Perpustakaan Kota Makassar memperingati Hari Dongeng Sedunia 2019 di Gedung Perpustakaan Makassar, Jalan Lamadukelleng, Rabu 20/3/ 2019.

Peringatan Hari Dongeng se Dunia dikemas dalam dua kegiatan, yakni pertunjukan dongeng non-stop, dan kegiatan wajib kunjungan perpustakaan.

Koordinator kegiatan Hari Dongeng Nasional yang juga pustakawan Dinas Perpustakaan Makassar, Tulus Wulan Juni, mengatakan, dongeng non stop diisi oleh Tim Dongeng Keliling Dinas Perpustakaan yang jumlahnya sebanyak 20 pendongeng.
Sementara, peserta yang hadir berjumlah lebih dari 1.000 siswa TK, Play Group, dan Sekolah Dasar. Peserta dibagi ke dalam 2 sesi yaitu pagi dan sore.

“Ada 20 pendongeng yang tampil ditambah dengan alumni dan finalis juara lomba bercerita tingkat nasional,” ujar Tulus.

Adapun dongeng yang dibawakan, kata Tulus, yakni cerita rakyat tradisional dan campuran dari berbagai daerah.

Dongeng tersebut di antaranya cerita monyet dan kelinci, nenek pakande, kancil dan monyet, peri sampah, cerita orang jujur banyak temannya, ababil dan tentara bergajah, mawangi dan ulara, asal mula air hujan dan lain-lain.

“Anak-anak kita edukasi dari cerita dongeng ini. Cerita dongeng yang ditampilkan kita sisipkan nilai-nilai budi pekerti agar anak-anak bisa berbuat kebaikan,” terangnya.

Di tempat yang sama, Asisten Wali Kota Makassar, Baso Amiruddin mengharapkan dari kegiatan peringatan Hari Dongeng Nasional ini dapat meningkatkan minat baca anak-anak (**)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya