wujudkan pelayanan publik

Sekolah yang Ideal itu yang Ber-SNP

13 April 2019 11:40
Sekolah yang Ideal itu yang Ber-SNP
Siswa SD yang punya nomor pokok perpustakaan

BugisPos – Sekolah tak bisa dipisahkan dengan perpustakaan. Perpustakaan adalah sumber ilmu pengetahuan bagi siswa dalam menjalankan proses belajar di sekolah. Karena itulah diperlukan sinergi antara sekolah, Dinas Pendidikan,  dengan Dinas Perpustakaan itu sendiri.

 

Plt Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar,  Muhidin Mustakim mengungkapkan, dari total 876 sekolah yang ada di Makassar, baru 50 persen yang mengantongi Nomor Pokok Perpustakaan.

“Sekolah yang ideal adalah sekolah yang merujuk pada Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Tentu kita berharap, perpustakaan sekolah di Makassar, sesuai dengan SNP,” ungkapnya.

Menujuk pada penelitian yang telah dilakukan Dinas Perpustakaan, pihaknya akan merumuskan inovasi-inovasi baru untuk mewujudkan hal tersebut.

“Artinya, semua sekolah ini kami targetkan mempunyai nomor pokok. Tentu di dalam kapasitas kami, dan kami perlu bantuan semua pihak,” tegasnya, Kamis (25/1/2019).

Salah satu inovasi yang akan dilakukan Dinas Perpustakaan Makassar di 2019 adalah Sentuh Pustaka. Program ini akan melibatkan berbagai komunitas.

“Jadi kami berkolaborasi, ada penggiat literisi, ada Pustakawan dari Provinsi dan Perguruan tinggi, bersama tim ini kami membina, dan menata perpustakaan yang ada di Sekolah,” tuturnya (**)

 

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya