HTTP Status[404] Errno [0]

Matemija, Meluap ki Air Sungai Saddang

30 April 2019 11:02
Matemija, Meluap ki Air Sungai Saddang
Meluapki Air Sungai Saddang.

BugisPos — Selain merendam sejumlah pemukiman warga di Kampung Barombong, Desa Sipatuo, Kecamatan Patampanua, kabupaten Pinrang. Luapan air Sungai Saddang juga mengenangi beberapa areal persawahan di Kampung Sokang, Desa Kaballangang, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang. Senin (28/04/2019).

Diketahui, banjir tersebut merupakan air kiriman dari Kabupaten Enrekang selama diguyur hujan yang cukup deras, sehingga membuat Sungai Saddang tidak mampu menampung debit air yang begitu besar, sehingga meluap ke area persawahan warga.

Sehingga membuat aktivitas warga menjadi terhambat, karena lahan perkebunan seluas 200 hektar dan lahan pertanian seluas 70 hektar milik warga sekitar ikut terendam banjir setinggi 50 cm.

Kepala BPDB kabupaten Pinrang Andi Mattalatta mengatakan bahwa,” sampai saat ini untuk bencana banjir ini Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, sedangkan untuk kerugian marerial itu mencapai kisaran ratusan milliar rupiah dimana kerugian sangat besar disektor pertanian dan perkebunan jagung,” ungkapnya.

“ Untuk pihak BPDB sendiri sudah melakukan survei ke lokasi yang tergenang banjir di dua kecamatan dan melakukan pendataan di beberapa titik pusat genangan air,” jelasnya.

Dikatakannya, ada sekitar 78 rumah dari 148 kk yang terendam banjir, untuk area persawahan kurang lebih 200 Ha, di tambah perkebunan kakao dan jagung yang terendam dengan luas lahan kurang lebih 200 Ha serta tambak ikan air tawar kurang lebih 100 Ha di desa Sipatuo.

“ Kami sudah mendata, dan kami tetap melakukan siaga bencana banjir dengan membuka posko di beberapa titik. Sementara untuk hasil pendataan itu, kami akan laporkan ke Bupati Pinrang,” katanya.

Aparat setempat tetap melakukan pantauan dan himbauan kepada warga untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan bisa terjadi, mengingat hingga saat ini hujan masih mengguyur wilayah kabupaten Pinrang dan sekitarnya. (Andi)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya