Matemija, Bupati Takalar Dikritik Warganya

04 May 2019 11:15
Matemija, Bupati Takalar Dikritik Warganya
Bupati Takalar, Syamsari Kitta.

 

BugisPos – Kebijakan yang diambil oleh Bupati Takalar H. Syamsari Kitta selama ini mulai dari pemberhentian sejumlah tenaga honorer, menonjobkan ASN, pergantian aparatur desa dan kepala sekolah, dan yang paling sadis dan paling santer jadi pembicaraan di tengah masyarakat yaitu terkait pemberhentian 2 kepala desa masing-masing kades Sawakung dan Bontosunggu menuai kritikan dari warganya.

Salah orang tokoh pemuda Kecamatan Galesong, Hamzah kepada awak media mengatakan bahwa banyak kebijakan yang diambil oleh H. Syamsari Kitta sebagai Bupati Takalar yang kurang tepat dan tidak masuk akal seperti kebijakan Bupati Takalar dalam hal pemberhentian sejumlah tenaga honorer.

Menurutnya, pemerintah semestinya membuka lapangan kerja baru bagi mereka yang belum bekerja bukan malah memberhentikan sejumlah tenaga honorer,” tuturnya.

Selain pemberhentian sejumlah tenaga honorer, pergantian sejumlah aparatur desa oleh Plt kepala desa menuai banyak kritikan dari warga dan tokoh masyarakat.

Mereka menilai bahwa kebijakan pergantian aparatur desa tidak lagi mengacu pada undang-undang tetapi mengacu pada kepentingan orang-orang tertentu yang akan menimbulkan kerisauan di tengah masyarakat.

“Saya melihat pergantian sejumlah aparatur desa oleh Plt kepala desa tidak lagi mengacu pada undang-undang yang berlaku di negeri ini, tetapi lebih mengacu pada keinginan dan kepentingan pribadi atau kelompok tertentu.Ujar salah seorang tokoh masyarakat Galesong.

Sementara salah seorang Anggota LSM Kabupaten Takalar, Abdul Rahman mengkritisi terkait pemberhentian 2 orang kades oleh bupati takalar tidak seenaknya begitu saja diberhentikan oleh seorang bupati tanpa alasan yang dibenarkan sesuai undang-undang.

Menurutnya pemberhentian seorang kepala desa harus mengacu pada Permendagri no 66 tahun 2017 tentang perubahan Permendagri no 82 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian kepala desa. (Syarif Lawa)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya