Tauwwa Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan

27 May 2019 16:25
Tauwwa Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan

BugisPos.— Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)  tidak perlu khawatir soal pelayanan BPJS Kesehatan, karena jelang masa libur tahun 2019 dari H-7 sampai H+7 lebaran 2019 atau tepatnya mulai tanggal 29 Mei hingga 13 Juni 2019, peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan memberikan kemudaja  portabikiyas bagi peserta JKN-KIS.

Peserta JKN-KIS yang sedang mudik lalu membutuhkan pelayanan kesehatan diluar kota, bisa mengunjungI Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar Diah Eka Rini dalam konfrensi pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Senin 27 Mei di kantornya menyampaikan, layanan kesehatan t bisa diperoleh di FKTP yang bekerjasama denhan BPJS Kesehatan.Menurutnya, untuk daftar FKTP tersebut dapat dilihat di Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi  BPJS Kesehatan care center 1500 400.

Rini memaparkan, apabila tidak terdaftar FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan diluar jam buka layanan FKTP ,maka peserta dapat dilayani IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

Rini juga menjelaskan, kondisi gawat darurat,seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan, wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS.

” Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, maka akan dijamin dan dilayani. Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenangkan menarik iuran biaya dari peserta,”tegas Rini sambil mengingatkan, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesetaannya aktif.

” Untuk itu para peserta JKN-KIS diharapkan disiplin membayar iuran khususnya peserta yang sedang mudik dan selalu membawa kartu JKN-KIS,” harap Rini.

Untuk kasus di Rumah Sakit Lanto Daeng Pasewang Jeneponto, Rini mengaku telah memanfaatkan informasi dari pihak rumah sakit setempat mulai hari ini sudah beroperasi dengan normal sehingga diharapkan seluruh peserta JKN-KIS bisa terlayani dengan baik.

Sementara itu Humas Rumah Sakit dan Promkes RSUD Andi Sultan Daeng Radja Bulukumba, Gumala Rubiah yang ikut menjadi mara sumber pada jumpa pers itu menyampaikan, untuk mudik libur lebaran tahun ini, pelayanan di rumah sakit tetap berjalan bahkan perawat dan dokter akan disiapkan meski pada pada hari H, karena managemen RSUD telah melakukan kooordinasi baik para perawat dan dokter khususnya dokter bedah dan dokter kandungan untuk tetap standby memaksimalkan pelayanan terhadap pasien.- * Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya