Ketua BAZNAS: Potensi Zakat Fitrah di Bulukumba Capai Rp. 11,5 Miliar

31 May 2019 15:30
Ketua BAZNAS: Potensi Zakat Fitrah di Bulukumba Capai Rp. 11,5 Miliar

BugisPos.- Sebagai salah satu kabupaten dengan jumlah penduduk yang besar, hampir mencapai setengah juta jiwa, Bulukumba memiliki potensi zakat fitrah yang cukup besar, mencapai  Rp.11,5 miliar.

Demikian disampaikan Ketua BAZNAS Kabupetan Bulukumba Muhammad Yusuf Shandy, Lc., kepada media ini, Jum’at (31/5), di sela-sela kesibukannya melayani para muzakki dan munfik yang menunaikan zakat, infak dan sedekahnya melalui Kantor BAZNAS Kabupaten Bulukumba, yang beralamat di Jl. M. Noor No. 1 Bulukumba.

Ia menambahkan, berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2017, jumlah penduduk Bulukumba mencapai 413.229 jiwa, sebanyak 409.977 jiwa adalah muslim.

“Jika setiap muslim di Bulukumba mengeluarkan zakat fitrahnya senilai Rp. 28.000 per jiwa, sesuai SE Baznas Kabupaten Bulukumba dan SE Kemenag Kabupaten Bulukumba tentang kadar zakat fitrah tahun 1440 H, maka jumlah zakat fitrah tahun 1440 H/2019 M mencapai Rp. 11.479.356.000, sebuah angka yang besar untuk menyantuni kaum fakir miskin,” terangnya.

Yusuf menambahkan, jika zakat tersebut terdistribusikan kepada para fakir miskin dengan baik dan tepat sasaran, maka orang-orang miskin yang ada di Bulukumba yang mencapai 7,4 persen, akan merasakan kegembiraan seiring dengan datangnya Hari Raya Idul Fitri, sebagaimana yang dirasakan para orang kaya.

Ketua Baznas inipun berharap kepada para panitia penerima zakat, infak dan sedekah (ZIS) di masjid-masjid di setiap desa dan kelurahan, agar zakat fitrah tersebut dimaksimalkan pengumpulan, pencatatan, dan pendistribusiannya dengan baik dan tepat, serta dimaksimalkan pemanfaatannya untuk menyantuni fakir msikin.

“Jika saja 70 persen zakat fitrah yang terkumpul lalu dibagikan kepada para fakir miskin yang jumlahnya sekitar 31 ribu orang miskin (7,4 persen), maka setiap fakir dan miskin akan mendapatkan sekitar Rp. 259.211 rupiah per orang,” jelasnya.

Oleh karena itu, Ustadz Yusuf Shandy, demikian ia sering disapa, sangat berharap agar masyarakat muslim Bulukumba menunaikan zakat fitrah dan zakat hartanya melalui lembaga amil zakat resmi, yang legalitasnya diakui oleh pemerintah, yaitu BAZNAS dan LAZ, serta UPZ-UPZ (Unit Pengumpul Zakat) yang telah dibentuk oleh BAZNAS di kecamatan, kelurahan dan desa-desa, serta di sejumlah lembaga pemerintahan, lembaga keagamaan, dan lembaga pendidikan, agar zakat mereka tercatat dan tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran. *- Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya