HUT Koperasi ke 72 Tingkat Provinsi Sulsel di Pusatkan di Bira

20 June 2019 19:59
HUT Koperasi ke 72 Tingkat Provinsi Sulsel di Pusatkan di Bira

BugisPos.- Satu lagi kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten, tahun ini peringatan HUT Koperasi ke 72, akan dipusatkan di kawasan obyek wisata Bira pada 25 Agustus 2019 mendatang.

Ketua panitia pelaksana HUT Koperasi ke 72 tingkat Provinsi Sulsel Ir.H.A.Makkasau, MM kepada BugisPos.com, Kamis (20/6) menjelaskan, berdasarkan Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor : 1043/VI Tahun 2019 Tentang Pembentukan Panitia Panyelenggara Peringatan Hari Koperasi ke 72 Tahun 2019 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tertanggal 11 Juni 2019.
Surat DEKOPIN Pusat Nomor B/06/DEKOPIN-L/I/2019 tanggal 14 Januari 2019 tentang Panduan Peringatan Hari Koperasi Ke-72 Tahun 2019 dan
Rapat Panitia HARKOP tanggal 25 Maret 2019 dan Tanggal 20 Juni 2019.

Disepakati pelaksanaan puncak HUT Koperasi tingkat Provinsi Sulsel akan dihelat di Bira Bulukumba, dan berbagai kegiatan akan dilaksanakan sebelum memasuki puncak acara.

Menurut Andi Makkasau yang akrab disapa Karaeng Lompo, Tema kegiatan Hari Koperasi Ke-72 Tahun 2019 adalah ” Reformasi Total Koperasi Diera Revolusi Industri 4.0.”

Dia juga menjelaskan, pelaksanaan kegiatan sebagai rangkaian HUT Koperasi yang dilaksanakan di Makassar diantaranya
Ziarah ke TMP Panaikang dipimpin Walikota Makassar
pada tanggal 21 Agustus 2019 dihadiri Gerakan Koperasi Kota Makassar.

Kemudian masih kata Karaeng Lompo yang juga Ketua KSP Berkat, kegiatan Talk Show di TVRI atau Radio
pada 19 Agustus 2019, dengan narasumber Bupati Bulukumba AM.Sukri A.Sappewali, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Ketua Dekopinwil Sulsel, Prof.Dr.H.M.Asdar dan Ketua KSP Berkat Bulukumba Ir.HA.Makkasau,MM.

Kemudian, masih kata Andi Makkasau, kegiatan yang dilaksanakan di Bulukumba diantaranya Bakti Sosial. ” Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan di pantai Bira pada 24 Agustus mendatang, dengan menyesuaikan kemampuan panitia daerah bekerjasama Stakeholders, sehingga diharapkan bisa berjalan lancar,” harapnya.

Bagaimana bentuk Baksos yang akan dilaksanakan di Bira,? Spontan Andi Makkasau menyebut, baksos yang akan dilaksanakan berupa pembersihan pantai dari berbagai sampah, termasuk sampah plastic serta kegiatan penanaman pohon penghijauan pantai Bira.

Masih dihari yang sama, kata Karaeng Lompo, juga akan dilaksanakan jalan Sehat Koperasi, melibatkan anggota koperasi dari OPD, Instansi terkait dan gerakan Koperasi di Bulukumba.

Sebelumnya, tanggal 23 Agustus, panitia akan menggelar seminar atau diskusi Perkoperasian yang didahului jamuan makan malam oleh Bupati Bulukumba.

” Kami berharap peserta Seminar ini diikuti utusan dari Pemerintah Kabupaten Kota, Dinas Koperasi dan UKM Kab/Kota, Dekopinda Kab/Kota dengan target setiap Kab/Kota mengutus 5 orang peserta,” harap Andi Makkasau.

Kemudian kegiatan menarik lainnya adalah Pasar murah
yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 24-25 Agustus 2019, bersamaan dengan kegiatan Jalan Sehat Koperasi.

” Kami berharap adanya partisipasi dan dukungan dari berbagai Dinas Koperasi dan UKM se Sulsel, Koperasi berskala besar, Gerakan Koperasi untuk mengisi stand pameran dengan produk koperasi hasil binaan masing-masing Kab/Kota, yang akan berlangsung dari tanggal 23-25 Agustus yang lokasinya berada pada pusat kegiatan HUT Koperasi di Kawasan Wisata pantai Bira,” papar Karaeng Lompo.

Dan pada puncak acara rencananya akan dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan sebagai Pembina Upacara, Ketua Umum Dekopin, Menteri Koperasi dan UKM RI, Pejabat sipil dan militer se Sulawesi Selatan, Bupati/Walikota se Sulsel, dan peserta upacara diharapkan masing masing daerah mengutus gerakan koperasi di daerah minimal 100 orang.- Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya