Duta PSBI Asal Afrika Menyanyikan Lagu Daerah di Bira

27 June 2019 06:28
Duta PSBI Asal Afrika Menyanyikan Lagu Daerah di Bira

BugisPos.- Setelah diterima secara resmi di rumah jabatan Bupati Bulukumba, Rabu (26/6) siang, 12 orang duta yang menjadi peserta Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia ( PSBI ), yang belajar seni budaya di Sulawesi Selatan, yang merupakan program dari Kementerian Luar Negeri RI, melanjutkan perjalanan menuju obyek wisata yang ada di Bulukumba.

Diantaranya ke kawasan adat Ammatowa Kajang, selanjutnya pada malam hari, mereka kembali dijamu makan malam di kawasan obyek wisata Tanjung Bira, yang dikemas dengan agenda malam hiburan.

Pada kesempatan malam hiburan yang dihadiri Bupati Bulukumba AM.Sukri A.Sappewali bersama para pejabat eselon II, Ketua TP PKK Kabupaten Bulukumba Siti Isniyah dan sejumlah anggota Orari Lokal Bulukumba, juga hadir para duta wisata Bulukumba, sejumlah jenis tari ditampilkan panitia, sekaligus menghibur mereka.

Penulis bersama salah seorang peserta PSBI

Yang menarik seluruh yang hadir malam itu termasuk Bupati Andi Sukri, salah seorang peserta PSBI
bernama Tchibizo Fifonsi Malvina Stevie (23), asal Benin, Afrika tampil menyanyikan dua lagu daerah Sulsel berjudul ‘ Ati Raja’ dan lagu ‘Angin Mammiri’.

Awak media ini bersama salah seorang peserta PSBI  di kawasan hotel Hakuna Matata Bira

Dengan gayanya yang lincah, Fifonsi, mampu menyanyikan kedua lagu Bugis Makassar ini dengan fasih, dan sesekali Fifonsi yang berambut khas mendekati kursi pejabat yang asyik menikmati penampilan gadis asal Afrika ini. Selain dua lagu Bugis Makassar, Fifonsi juga menyanyikan lagu asal negaranya, diikuti seluruh rekannya sesama peserta PSBI.

Usai menyanyi, Fifonsi terlihat berkeringat dan sejumlah warga meminta untuk foto bersama, tak terkecuali H.Muh.Alwi yang mewakili Direktur RSUD HA.Sulthan Dg Radja.

Selain Fifonsi, sejumlah peserta lainnya tak mau kalah, mereka tampil di depan Bupati dan pejabat lainnya, menyanyikan lagu Dangdut, meskipun dengan lirik yang sedikit berbeda dengan aslinya.

Lia A Kamaruddin, pendanping rombongan ke 12 orang peserta PSBI ini menyampaikan, kalau Fifonsi memiliki bakat menyanyi dan kedua lagu daerah yang dinyanyikan dipelajari hanya kurang lebih dua bulan.

Bupati Andi Sukri mengapresiasi para peserta PSBI sekaligus berharap kepada mereka, agar kelak jika semuanya sudah berada di negaranya, bisa mempromosikan Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan yang kaya akan obyek wisata, mulai obyek wisata pantai, wisata adat Ammatowa Kajang, wisata pegunungan, dan Bulukumba dikenal sebagai ahli pembuat perahu Pinisi yang diakui Unesco. Dan Kabupaten Bulukumba yang memiliki 10 Kecamatan berada di jazirah selatan pulau Sulawesi.

Sekedar diketahui perwakilan negara yang ditempatkan di Sulsel, berasal dari negara Benin, Spain, Marocco, Fiji, Azerbaijan, Solomon Island, Philippines, Malaysia, Russia, Romania, Jepang dan Indonesia. Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya