Bappeda Bone Sosialisasi ki PSETK Program IPDMIP

03 July 2019 19:42
Bappeda Bone Sosialisasi ki PSETK Program IPDMIP

BugisPos – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bone menggelar sosialisasi Profil Sosial Ekonomi Tekhnis Kelembagaan (PSETK) Program Integrated Participatory Developmen and Manegement Program ( IPDMID ) dengan sasaran 4 Daerah Irigasi diantaranya D.I Sailong, D.I Taretta, D.I Wessa, serta D.I Raja bertempat di Aula Bappeda, Rabu 3 Juli 2019.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Kabupaten Bone Andi Zainal serta hadir membawakan materi Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) H. Askar, mewakili Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Akifah, dari Bappeda dibawakan oleh Kasubid Infrastruktur Andi Supriadi.

Kepala Dinas PSDA Kabupaten Bone H. Askar dalam pemaparannya menyampaikan PSETK merupakan salah satu program yang wajib dilaksanakan oleh Tim yang dibentuk oleh Bappeda untuk mengetahui gambaran umum dari sebuah daerah irigasi, sosial, ekonomi maupun kelembagaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) sebelum menuju tahap pelaksanaan konstruksi.

Lanjut disampaikan oleh Askar bahwa program IPDMIP itu sendiri merupakan program pemerintah dibidang irigasi yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sistem irigasi baik kewenangan pusat, propinsi maupun kabupaten.

Akifah dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura menyatakan bahwa program IPDMIP merupakan program yang berbasis partisipatif yang terintegrasi dengan melibatkan berbagai komponen pengelolah  irigasi baik dari instansi PSDA, Bappeda maupun Pertanian serta dari Perkumpulan Petani Pemakai Air itu sendiri.

Harapan Akifah, semoga pelaksanaan program ini dapat berjalan dengan baik, partisipatif serta sesuai harapan pemerintah terciptanya ketersediaan air untuk pertanian dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Bone,tutupnya.

Sosialisasi ini sendiri turut dihadiri oleh Tim Leader Konsultan ISAI Mustarim, Kepala Desa Sailong Samba, Kepala Desa Mattampawalie Rustan, Asisten Konsultan Pendukung, Kepala UPT Bengo, UPT Unja serta Perwakilan Perkumpulan Petani Pemakai Air bersama Tenaga Pendamping Masyarakat. –Sadli

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya