150 Personil Pengamanan Siap Amankan Pemberangkatan JCH Bulukumba

05 July 2019 13:57
150 Personil Pengamanan Siap Amankan Pemberangkatan JCH Bulukumba

BugisPos.- Kapolres Bulukumba AKBP. Syamsu Ridwan, Jumat (7/7) pagi tadi membuka rapat koordinasi dalam rangka pemberangkatan Calon Jamaah Haji ( CJH ) Bulukumba yang tergabung pada Kloter 6 Embarkasi Makassar di ruang rapat Polres Bulukumba.

Hadir pada rapat tersebut, Kabag Ops Polres Bulukumba Kompol.Hery Kabag Kesra Setda Bulukumba Hj.Darmawati,SE, Kadis Perhubungan diwakili Aswan Bohari, Kasi Haji Kemenag H.A.Mapparola, Kasatpol PP diwakili A.Arman Mattotorang, Kadis Kesehatan diwakili Ihwan, Kasat Lantas diwakili Ipda Takbir, AKP.Kamil serta personil dari Kodim 1411 Bulukumba.

Saat membuka rapat tersebut, Kapolres AKBP. Syamsu Ridwan meminta semua yang terlibat untuk menyamakan presepsi dan bersama sama mensukseskan proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Bulukumba.

” Mari kita bekerja ikhlas, Insya Allah apa yang kita lakukan juga akan bernilai ibadah. Untuk itu itu, dalam proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Bulukumba, mari kita awali dengan Basmalah, dan menyamakan persepsi,” ajak Kapolres AKBP.Syamsu Ridwan.

Kapolres menegaskan keluarga atau pengantar Calon Jamaah Haji tidak bisa masuk ke dalam mesjid, dan yang berada di dalam mesjid Agung, hanya panitia yang memiliki Id card, itupun sebelum memasuki mesjid, petugas akan memeriksa Id card bersangkutan, karena bukan tidak mungkin ada pemalsuan Id Card.

” Jadi kami himbau kepada para pengantar atau keluarga CJH untuk tidak masuk ke dalam mesjid dan kami juga minta pihak Kemenag untuk memberi himbauan kepada para CJH agar keluarganya tidak masuk ke dalam mesjid demi kenyamanan dan kelancaran proses pemberangkatan,” harap Kapolres AKBP. Syamsu Ridwan.

Sementara itu Kabag Ops Kompol Hery memaparkan beberapa kerawanan pada saat pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji, apalagi pada pemberangkatan CJH berlangsung pada malam hari.

Meski begitu, kata Kompol Hery, pihaknya akan bekerja maksimal dengan menurunkan150 orang personil pengamanan, gabungan dari Kodim 1411 Bulukumba, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Hery menyebut kerawanan pada pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji, diantaranya pencurian, copet dan perkelahian, demikian pula pemalsuan identitas khususnya Id Card dan semua itu akan diantisipasi seluruh petugas pengamanan.

Pada kesempatan itu, Kabag Kesra Hj.Darmawati juga menyampaikan, pada musim haji tahun 2019 ini, Pemkab Bulukumba melalui Bagian Kesra, kembali menyediakan armada yang akan digunakan CJH Bulukumba, masing masing untuk keberangkatan sebanyak 13 unit Bus dan 2 unit truk pengangkut koper CJH, dan untuk kepulangan disiapkan 13 unit Bus dan 3 unit truk untuk mengantisipasi kelebihan barang Jamaah Haji.

Demikian juga dengan makan minum petugas pengamanan yang stand by di Mesjid Agung, sudah disiapkan plus uang pengamanan. ” Kami berharap adanya kerjasama yang baik semua pihak dalam rangka proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji. Dan bagi Calon Jamaah Haji Bulukumba diharapkan sudah berada di mesjid Agung Bulukumba paling lambat jam 23.00 Wita, ” kata Hj.Darmawati.

Senada disampaikan Kasi Haji dan Umrah Kemenag HA.Mapparola sesuai jadwal tepat pukul 01.30 seluruh Calon Jamaah Haji sudah berada di atas bus, selanjutnya pukul 02.00 atau paling lambat pukul 02.30 Wita 13 unit Bus pembawa CJH dan 2 truk pembawa koper jamaah sudah berangkat meninggalkan mesjid Agung Bulukumba dan dijadwalkan CJH akan melaksanakan shalat Subuh di Takalar, selanjutnya paling lambat jam 06.00 wita, seluruh Bus bergerak menuju Asrama Haji Sudiang dengan pengawalan mobil Satlantas Polres Bulukumba.

Mapparola juga menjelaskan, seluruh CJH Bulukumba akan diterima di Asrama Haji Sudiang pada Rabu 10 Juli 2019 pukul 09.00 Wita, dan selanjutnya pada Kamis 11 Juli 2019 akan diterbangkan menuju bandara Madinah, dan sesuai jadwal rencana kepulangan Jamaah Haji Bulukumba yang tergabung pada Kloter 6, Insya Allah pada tanggal 22 Agustus 2019.- Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya