Tautoto Siap-siap Diperiksa Irjen Kemendagri

07 July 2019 19:46
Tautoto Siap-siap Diperiksa Irjen Kemendagri
Tautoto Tana Ranggina

BugisPos — Tautoto Tana Ranggina, mantan Kepala Bapenda Sulsel yang kini dimutasi oleh gubernur Nurdin Abdullah ke jabatan Asisten di Setwilda Pemprov Sulsel, yang sudah lama menjadi ‘jagoan’ di masa pemerintahan gubernur Syahrul Yasin Limpo, kini harus bersiap-siap mejalani pemeriksaan di kantor Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri Jakarta.

 

Kabar akan diperiksanya Tautoto ini, tiba-tiba menyebar ke publik. Dan publik ternyata merespon sangat positif atas langkah Irjen Kementerian ini. Pubik berharap ada sanksi yang tegas atas diri Tautoto bila ternyata dalam pemeriksaan itu dia terbukti mekakukan kesalahan fatal.

 

Informasi yang berkembang, agenda pemeriksaan Tautoto yang kini menjabat Asisten II Pemprov Sulsel oleh Inspektorat tersebut, adalah atas rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Terkait kabar tersebut, Tautoto memang mengatakan, belum mengetahui informasi itu sehingga belum bisa menjelaskan apapun. Tautoto enggan menjelaskan secara rinci, terkait pemeriksaan Irjen Inspektorat Kemendagri yang akan dilakukan di Makassar.

“Saya belum tahu itu,” kata Tautoto, Sabtu (6/7/2019) seperti dikutip dari laman tribun-timur.

“Belum saya tahu itu. Dan setau saya, jika ada temuan, kita selalu selesaikan sesuai ketentuan,” katanya.

Pemeriksaan itu dilakukan karena diduga terjadi pelanggaran dalam pengelolaan keuangan negara, saat Tutoto menjabat sebagai Bapenda Sulawesi Selatan.

Selain Tautoto, inspektorat akan memeriksa juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel Jurfri Rahman, serta Arwin Azis yang menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel.

Plt Kepala Inspektorat Sulsel, Salim AR, mengatakan pemeriksaan pejabat di tiga OPD ini karena diindikasi telah melakukan pelanggaran-pelanggaran dalam pengelolaan anggaran negara serta adanya penggunaan perjalanan dinas pejabat yang tidak sesuai dengan aturan.

Temuan atau pelanggaran pengelolaan keuangan ini berlangsung di tahun anggaran 2017-2018. Terkait dengan jadwal pemeriksaan untuk tiga OPD ini, Salim mengaku, belum mengetahui secara detail jadwalnya.

“Saya tidak tahu kapan. Tetapi yang jelas, dalam waktu dekat ini info dari KPK, Irjen sudah jadwalkan turun langsung ke Makassar,” kata Salim.

Menurut dia, pemeriksaan Irjen Kemendagri di OPD Pemprov Sulse ini di luar kendali Inspektorat Sulsel. Sehingga proses pemeriksaan digelar di luar dari jadwal pemeriksaan auditor Inspektorat (**)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya