Andi Mirzah Tampil Maksimal Dihadapan Penguji Proyek Perubahan

09 July 2019 11:03
Andi Mirzah Tampil Maksimal Dihadapan Penguji Proyek Perubahan

BugisPos.- Salah satu rangkaian kegiatan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV tahun 2019 adalah pameran proyek perubahan perdana, dari peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat pim) Tk. IV Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang bermitra dengan BPSDM Provinsi Sulsel.

Pameran proyek perubahan dibuka secara resmi Kepala BPSDM Prov. Sulsel Ir. H. Imran Jausi, M.Pd ditandai pengguntingan pita di kelompok 1 dan pengalungan sarung bira, dihadiri pula 40 orang mentor, termasuk Kabag Kesra Setda Bulukumba Hj.Darmawati, SE

Pantauan BugisPos.com terlihat yang dipamerkan para peserta Diklatpim Tingkat IV adalah rancangan inovasi yang diciptakan setiap peserta, sesuai tupoksi pokok pada organisasi perangkat daerah (OPD) masing masing peserta.

A.Mirza Milanie, S.Sos.MM (Reformer) yang menjabat Kasubag Pembibaan Sosial pada Bagian Kesra, salah satu peserta Diklatpim Tingkat IV, mengangkat judul pada Rancangan Proyek perubahannya adalah ” Pandai Baca Al Qur’an bagi calon pengantin”

Dihadapan penguji Dra Sry Rejeki, MM, dan mentor Hj.Darmawati, terlihat A. Mirza Milanie, S. Sos. MM mampu memberi penjelasan secara detail terkait proyek perubahan yang dibuat, diperkuat oleh mentornya.

A.Mirza mengakui dia mengangkat judul tersebut setelah melihat kondisi yang ada sekarang khususnya di daerahnya yaitu kurangnya pemahaman atau minimnya pengetahuan tentang pandai baca Al Qur’an.

Subyek yang dijadikan proyek perubahan adalah calon pengantin, dimana reformer beranggapan bahwa calon pengantin inilah yang nantinya akan mencetak penerus bangsa.

” Saya kira jika calon pengantin sudah mampu membaca Al – quran dengan baik, Insya Allah generasi yang dilahirkan sudah memiliki pondasi yang kuat tentang agama, ” demikian dipaparkan A.Mirza dihadapan penguji yang juga isteri Sekprov Sulsel.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba mengapresiasi rancangan proyek perubahan tersebut dan berharap dapat diimplementasikan pada pelaksanaan tupoksi di masing masing OPD, sekaligus membantu Pemerintah dalam mencanangkan Crass Program Keagamaan.

Menurut A.Mirza, Pemerintah Kabuaten Bulukumba memiliki Perda no 3 th 2006 tentang pandai baca tulis Al Qur’an bagi siswa dan calon pengantin. ” Untuk itu dalam proyek perubahan pandai baca Al Qur’an bagi calon pengantin, kami akan membuat acuan untuk dijadikan suatu kebijakan seperti suatu edaran Bupati tentang pandai baca Al Qur’an bagi calon pengantin dan buku saku yang nantinya dapat digunakan bagi calon pengantin yang berisi tentang pembelajaran pandai baca Al qur’an,” papar A.Mirza.

Dia juga menjelaskan tujuan jangka pendek dari inovasi yang dia buat membentuk kerjasama dengan stakeholder terkait, melaksanakan sosialisasi dan pelatihan serta terwujudnya penyebaran informasi dalam bentuk buku saku tentang pandai baca Al Qur’an bagi calon pengantin di Kecamatan Ujungbulu.

Kemudian tujuan jangka menengah di 5 Kecamatan dan jangka panjang di seluruh Kecamatan di Kabupaten Bulukumba. Sedangkan manfaat yang di harapkan, kata A.Mirza adalah membantu menyukseskan program pemerintah pada bidang Keagamaan agar masyarakat memahami dan mampu membaca Al-qur’an.

Reformer berharap, pelaksanaan dan implementasi dari suatu program dan kegiatan dapat terlaksana jika ada dukungan yang kuat dari pimpinan. Selain itu dengan adanya kerjasama tim yang solid, mampu bersinergi dengan baik dan terpenting adalah adanya kesepahaman serta komitmen yang kuat dalam melaksankan program yang menjadi tanggung jawab bersama.- Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya