Mendesak Kebutuhan Dokter di Puskesmas

11 July 2019 16:51
Mendesak Kebutuhan Dokter di Puskesmas
dr Naisyah Tun Azikin

 

BugisPos – Tenaga dokter di lingkup Dinas Kesehatah kota Makassar agaknya cukup serius.

Saat ini Dinas Kesehatan Kota Makassar sedang membutuhkan 24 dokter umum untuk mengisi 12 Puskesmas yang tersebar di Kota Makassar.

Kebutuan dokter umum ini bukan tanpa alasan, mengingat banyak tenaga medis yang ada saat ini rata-rata telah memasuki usia pensiun, sehingga kebutuhan dokter cukup mendesak.

Idealnya dealnya dokter umum di puskesmas harus berjumlah 2 orang, berdasarkan regulasi dalam pelaksanaan kerjasama Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS.

Kalau satu dokter umum per puskesmas, maka dana kapitasi akan di potong. Karena biaya operasi puskesmas itu berasal dari dana kapitasi, sehingga untuk memenuhi kebutuhan, Alhamdulillah Makassar semua terpenuhi, kami merekrut tenaga kontrak mengisi kekurangan.

Jadi dimana ada yang pensiun langsung disini tenaga kontrak, ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin, Kamis, 13/6/2019.

Guna menutupi masalah tersebut, pihaknya akan merekrut tenaga kontrak untuk bekerja selama 1 tahun.

Kami butuh tenaga kesehatan, karena setiap waktu ada yang pensiun. Sedangkan tidak ada yang masuk (sebagai pengganti), sehingga tidak berimbang.

Sementara tuntutan pelayanan tidak bisa ditunda, tambahnya saat ditemui di acara Halalbihalal Dinas Kesehatan di Gedung ex PKK, Jl Anggrek Raya (**)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya