10 Siswa SMAN 1 Bulukumba Terbaik Tauwwa Hasil Tes Psikologi

19 July 2019 16:48
10 Siswa SMAN 1 Bulukumba Terbaik Tauwwa Hasil Tes Psikologi

 

BugisPos.- Lembaga tes bimbingan dan konseling Amanah, salah satu lembaga yang dipercaya untuk melakukan psikotes di ikuti SMA di kabupaten Bulukumba.

Dan khusus SMA Negeri 1 Bulukumba, diikuti 324 peserta mengikuti psikotes tersebut yang dilaksanakan pada hari Sabtu (13/7) lalu.

Menurut kepala SMAN 1 Bulukumba Drs. Rusli Umar M.Pd, kegiatan tersebut bertujuan mengarahkan peserta didik kepada peminatan. Selain itu, katanya, tes psikologi ini ditujukan agar pengelompokan minat siswa IPA/IPS benar-benar mempertimbangkan tidak hanya potensi akademik, melainkan juga mempertimbangkan potensi psikologis dan minat peserta didik.

Rusli Umar yang juga anggota Komunitas 86 SMA Negeri 1 Bulukumba menjelaskan, dengan diadakannya sistem ini diharapkan akan memacu calon peserta didik baru, apalagi tes psikologi ini dilakukan oleh tenaga ahli yakni Muhammad Syafri Ph.D. bersama 10 orang tim psikolog dari Makassar.

” Jadi, dengan pengukuran psikologis ini, guru dapat memiliki bekal yang cukup untuk mengarahkan siswa sesuai dengan minat dan potensinya dalam proses belajar mengajar di SMAN 1 Bulukumba,” kata Rusli

Untuk materinya, ada materi minat bakat, tes IQ, intelejensi dan kepribadian. Semua itu bertujuan untuk penjurusan.

Dari hasil tes psikologi kabupaten Bulukumba yang dilaksanakan oleh Amanah, menunjukkan 10 peserta terbaik berada di SMA Negeri 1 Bulukumba. Tercatat tujuh peserta didik yang meraih skor kelompok kategori Superior dengan IQ 130-140.

Mereka itu diantaranya Zalzadila Saputri, Jordan Counnata, Egi Prayoga Putra, Indri Yulianti Anwar, Muh Restu Dermawan, Andi Raihana Fadillah, dan Miranda.

“Belum ada rencana memberikan pendidikan khusus kepada siswa genius itu, mereka tetap berbaur dengan siswa lain belajar di dalam kelas,” kata Rusli.- Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya