Tauwwa, Dosen Ilmu Pemerintahan UMS Rappang Bawakan Kuliah Umum

04 August 2019 10:37
Tauwwa, Dosen Ilmu Pemerintahan UMS Rappang Bawakan Kuliah Umum
Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UMS Rappang, Abdul Jabbar mengangkat tema terkait kepemimpinan pemerintahan di era revolusi industri 4.0.

 

BugisPos – Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP UMS Rappang Abdul Jabbar dan Kepala LP3M UMS Rappang Ahmad Mustanir menjadi Dosen Tamu sekaligus membawakan Kuliah Umum di Universitas Muhammadiyah Jember, Jawa Timur, Jumat (02/08/2019).

Hal ini merupakan implementasi Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan beberapa waktu yang lalu antara UMS Rappang dan Unmuh Jember.

Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UMS Rappang, Abdul Jabbar mengangkat tema terkait kepemimpinan pemerintahan di era revolusi industri 4.0.

Saat ini kita masuk pada era disruption, serba digitalisasi. Sehingga pemerintah dituntut harus memiliki kapasitas untuk beradaptasi dengan teknologi sekaligus berinnovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kepemimpinan digital berorientasi pada innovasi pelayanan publik melalui pendayagunaan instrument digital. Pelayanan yang efektif, efisien, transparan dan berbasis outcome merupakan target yang ingin dicapai dalam penerapan digital leadership”ujar Ketua KNPI Sidrap tersebut.

Sementara itu, Kepala LP3M UMS Rappang Ahmad Mustanir menjelaskan pentingnya mahasiswa memahami konsep pemberdayaan masyarakat sebagai salah satu bagian dari tri dharma perguruan tinggi.

Konsep pemberdayaan masyarakat itu dimana masyarakat sendirilah yang menjadi motor penggerak atau agen pembangunan yang ada diwilayahnya.

“Tujuan yang ingin dicapai dari pemberdayaan masyarakat adalah untuk membentuk individu dan masyarakat menjadi mandiri. Kemandirian tersebut meliputi kemandirian berpikir, bertindak dan berpartisipasi dalam proses pembangunan”jelasnya.

Jefri yang merupakan salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember merasa berbahagia bisa hadir dalam kegiatan kuliah umum tersebut.

“Alhamdulillah kami mendapatkan pengetahuan baru dalam kegiatan tadi, sekaligus menjadi motivasi bagi untuk terus belajar tentang banyak hal”ungkapnya.

Sekadar diketahui, di Universitas Muhammadiyah Jember Jawa Timur sementara berlangsung kegiatan International Conference on Government Innovations and Sosial Sciences (ICOGISS) 2019 dan Pertemuan Nasional Tahunan Asosiasi Dosen Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia (ADIPSI) dan Kesatuan Program Studi Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia (KAPSIPI) yang diselenggarakan mulai tanggal 2 hingga 4 Agustus 2019.(Suriady)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya