Pelontaran Jumrah Sempat Terhenti, Akibat Mina Diguyur Hujan

13 August 2019 17:36
Pelontaran Jumrah Sempat Terhenti, Akibat Mina Diguyur Hujan

 

BugisPos.- Tidak seperti biasanya, tahun 1440 H Jamaah haji dari berbagai belahan dunia merasa mendapatkan berkah berlimpah dengan turunnya hujan lebat. Akibat hujan tersebut, jadwal melontar jumrah sempat dihentikan.

Demikian diungkapkan oleh sejumlah petugas haji, baik dari petugas lokal Saudi maupun dari negara-negara lain, termasuk dari Indonesia. “Jarang-jarang ada hujan di Saudi ini. Tahun ini sungguh berkah.” tutur Muh.Yusuf Shandy petugas pembimbing ibadah haji Kabupaten Bulukumba.

Pada musin haji 1440 H ini, hujan tak hanya terjadi di Mina. Tiga hari sebelum wukuf di Arafah, hujan deras pagi hari mengguyur kota Makkah. Ketika jamaah sedang khusyuk bedoa dam berdzikir saat wujuf di Arafah, hujan juga mengguyur selama beberapa puluh menit.

Kemudian pada saat jamaah haji sedang Mabit di Mina untuk melakukan pelontaran Jumrah, hujan telah turun dua kali, yaitu pada Ahad sore, dan Senin sore.

Hujan pada senin sore ini cukup lebat dan lama, disertai petir. Beberapa ruas jalan di sekitar Mina tampak tergenang air. Selain karena hujannya deras, juga disebabkan oleh sampah plastik yang menumpuk di beberapa titik pemondokan.

Makkah, 13 Agustus 2019
Laporan Muhammad Yusuf Shandy

Editor H.Suaedy Lantara

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya