Kompak ki, SD Kompleks Borong Rayakan HUT Kemerdekaan RI

14 August 2019 18:20
Kompak ki, SD Kompleks Borong Rayakan HUT Kemerdekaan RI
SD Inpres Borong dan SD Negeri Borong

 

BugisPos – SD Inpres Borong dan SD Negeri Borong kompak rayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 secara bersama-sama. Rabu (14/4/2019)

Kedua sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Manggala, Makassar itu, berada satu area di kompleks yang sama.

“Alhamdulillah, untuk pertama kalinya kami mengadakan peringatan HUT Kemerdekaan 17 Agustus bersamaan,” ucap Dra. Hj. Hendriati Sabir, M.Pd,.

Keputusan untuk mengadakan acara tujuh belasan secara bersama-sama, jelas Hendriati Sabir, diambil atas inisiatipnya supaya terjalin keakraban antara siswa-siswa, guru dengan guru sebagai keluarga SD Kompleks Borong.

Ajakan ini disambut positif Kepala SD Inpres Borong, Muslih, S.Pd, M.Pd. Jumlah keselurhan peserta didik di kedua sekolah mendekati 900 orang.

“Ini sesuai dengan semangat nilai-nilai persatuan dalam meraih kemerdekaan sebagaimana yang diteladankan oleh para pejuang kemerdekaan dulu,” jelas kepala sekolah yang akrab disapa Bu Indri itu.

Komite Sekolah SD Kompleks Borong memberi apresiasi atas pelaksanaan peringatan HUT Kemerdekaan RI yang begitu meriah. Apalagi dilakukan penuh semangat dengan melibatkan partisipasi murid, orang tua, guru-guru, komite, serta sejumlah stakeholder lainnya.

“Komite berharap agar murid-murid bisa menanamkan jiwa kepahlawan, dan lebih menghargai jasa-jasa para pahlawan melalui berbagai kegiatan positif,” harap Marhaeni, SP Bendahara Komite SD Kompleks Borong saat membuka acara porseni dan Kirab Merah Putih.

Perayaan HUT Kemerdekaan di SD Kompleks Borong ditandai dengan kegiatan Kirap Merah Putih yang diikuti siswa-siswi dari kedua sekolah. Peserta kirab terdiri dari drum band, dan anak-anak yang menggunakan pakaian adat, baju batik sekolah, seragam merah putih, baju olahraga, pramuka, busana muslim, dan pakaian profesi dari daur ulang sehingga terlihat semarak.

Khusus untuk lomba 17an di SD Negeri Borong, tahun 2019, ketua panitianya adalah Nuraeni, S.Pd sedangkan sekretarisnya Neny Wahyuni, S.Pd. Berbagai lomba khas 17an, layaknya pesta rakyat, akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Rabu-Jumat (14-16/8/2019). Selama tiga hari itu ada aneka lomba diadakan.

Hari pertama, games fiesta, lomba yel-yel tema lingkungan, lomba lari kelereng, dan lomba makan kerupuk. Hari kedua, lomba senam PGRI, nyanyi solo, lomba kebersihan kelas, lomba membaca cepat dan lomba mengarang. Sedangkan hari ketiga, lomba paduan suara dengan lagu-lagu wajib nasional yang patriotik.

Semua murid diberi kesempatan mengikuti lomba, mulai kelas rendah juga kelas tinggi. Kepesertaan lomba disesuaikan dengan kelas yang diikuti murid-murid. Ada lomba yang khusus untuk anak-anak kelas 1-3, ada juga yang khusus untuk kelas 4-6. Bahkan orangtua siswa juga terlibat mendekorasi kelas dengan nuansa merah putih.

“Lomba senam PGRI ini diadakan sebagai upaya mensosialisasikan senam ini karena liriknya mengandung nilai-nilai penghargaan terhadap guru dan pendidikan karakter,” pungkas Bu Indri yang juga merupakan pengurus PGRI provinsi Sulsel.(*)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya