KOMIR Bone Dapat Kategori Baik ki dari Tim Monev

15 August 2019 18:43
KOMIR Bone Dapat Kategori Baik ki dari Tim Monev

BugisPos – Tim Monitoring dan Evaluasi Komisi Irigasi dari Bina Pembangunan Daerah Pusat, Ushwah muchtar, Muh. Safri dan Tim Leader Konsultan ISAI Mustarim melaksanakan monitoring evaluasi kinerja Komisi Irigasi (KOMIR) Kabupaten Bone, bertempat di Sekretariat KOMIR Dinas PSDA Kabupaten Bone, Kamis 15 Agustus 2019.

“Monitoring ini bertujuan untuk melaksanakan pemantauan sampai sejauh mana peran kinerja KOMIR Kabupaten Bone dalam menjalankan tugas dan apa tindak lanjut ketika ada permasalahan,” ungkap Ushwah.

Lebih lanjut Ushwah menjelaskan ada beberapa kriteria penilaian dalam monitoring ini diantaranya, Legalisasi pembentukan KOMIR dan Sekretariat, Struktur Organisasi KOMIR dan jumlah keanggotaan perwakilan pemerintah kabupaten (SKPD) maupun perwakilan P3A/GP3A/IP3A serta proporsi jumlah anggota unsur pemerintah daerah dan non pemerintah, dan unsur lainnya, urainya.

Selain itu Tim Leader Konsultan ISAI Integrated Participatory development and Management Of Irrigation Program (IPDMIP), Mustarim yang melakukan monitoring langsung dengan mempertimbangkan kelengkapan yang tersedia serta kinerja yang sudah dilaksanakan oleh Tim KOMIR Bone, melalui Variabel/parameter ataupun indikator penilaian setelah diberikan skoring masing- masing list pertanyaan, setelah dikalkulasi akhirnya nilainya mencapai 81 kategori baik.

Mustarim berharap agar capaian ini dapat lebih ditingkatkan tentunya dengan ketersediaan bukti- bukti yang lebih lengkap dari yang sebelumnya,harapnya.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air H. Askar selaku pelaksana harian KOMIR yang menerima langsung Tim Monev merasa bangga atas capaian ini, namun harapannya kedepannya bahwa apa yang diraih hari ini dapat lebih ditingkatkan serta KOMIR yang dianggapnya sebagai anggota DPR keirigasian dapat lebih proaktif dalam menjalankan tugas sebagaimana tugas yang tertera dalam peraturan Bupati Bone no 23 tahun 2019 tentang pembentukan Komisi Irigasi Bone.

” Bone salah satu dari kabupaten yang ada di Sulsel memiliki daerah irigasi yang cukup besar lebih 200 daerah irigasi, untuk itu peran Komisi Irigasi sangat penting dalam pengelolaan irigasi dan menjaga ketersediaan air yang nantinya dapat meningkatkan ketahanan pangan di Bone begitupun penyangga lumbung padi di Sulsel,”pungkasnya.
Hadir dalam kegiatan ini, beberapa anggota KOMIR, Asisten Konsultan Pendukung,Tenaga Ahli Keuangan Konsultan ISAI, KTPM serta beberapa TPM Kabupaten program IPDMIP
Sadli

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya