Syukur Sudah ma Thawaf Ifadhah dan Tahallul Tsani

15 August 2019 17:44
Syukur Sudah ma Thawaf Ifadhah dan Tahallul Tsani

 

BugisPos.- Alhamdulillah, Kamis (15/8) kemarin, sebagin besar jamaah haji asal Bulukumba, baik yang mengambil haji tamattu’ maupun haji ifrad, telah melakukan tahallul tsani atau tahallul akbar, dengan menunaikan thawaf ifadhah dan sai antara Shafa dan Marwah.

Demikian diungkapkan oleh TPIHI Kloter 6 UPG Makassar DR.H. Ali Yafid, di Makkah. “Alhamdulillah sebagian besar sudah thawaf ifadhah, kecuali yang masih sakit dan masih merasa tidak enak badan,” ujarnya disampaikan H.Muh.Yusuf Shandy.

Para jamaah haji yang telah menggenapkan seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji, baik rukun, wajib maupun, sunnah-sunnah haji, merasa lega dan terharu karena telah mampu menunaikan rukun Islam yang kelima dengan baik.

Seperti dituturkan H.Usman bin Bimbang (64 ) jamaah haji asal Desa Karama, kecamatan Rilau Ale, dia bersyukur dan lega. ” Syukur Alhamdulillah, cita-cita saya menunaikan ibadah haji sudah terlaksana, setelah sembilan tahun menunggu dan syukur karena sudah ma melaksanakan tawaf ifhadah,” ujar pensiunan TNI AD tahun 2003 lalu.

Senada disampaikan H. Ardi Firmansyah (40), jamaah asal Caile, Kecamatan Ujungbulu. “Saya bahagia dan senang sekali pak, Insya Allah saya ke sini jika diberikan kemudahan oleh Allah SWT,” ucapnya.

“Bagi saudara dan sahabat-sahabatku yang masih muda, daftar memang maki haji sejak sekarang, sejak masih muda, karena kalau sudah tua, sulit untuk melaksanakan dengan sempurna,” ujar Sangkala (40) jamaah haji Desa Benteng Gantarang, Kecamatan Gantarang.

Dengan selesainya berbagai rangkaian ibadah haji, para jamaah berharap semoga para JHI asal Bulukumba kembali ke kampung halaman masing-masing dengan selamat setelah menggapai haji mabrur. ***

Laporan Muhammad Yusuf Shandy

Editor H.Suaedy Lantara

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya