Tauwwa, Rektor Baru mi Unisa Palu

01 September 2019 23:12
Tauwwa, Rektor Baru mi Unisa Palu
Dosen muda energik, Dr. Umar Alatas,S.Pi.,M.Si. diamanahkan memimpin Unisa periode 2019-2023.

 

 

BugisPos  —  Tongkat estafet kepemimpinan Universitas Alkhairaat (Unisa), Palu kini berganti. Dosen muda energik, Dr. Umar Alatas,S.Pi.,M.Si. diamanahkan memimpin Unisa periode 2019-2023.

Sebelumnya, kampus tertua di Sulawesi Tengah itu dipimpin oleh Dosen Universitas Tadulako (Untad), Dr.H. Hamdan Rampadio,SH.,M.H. Ia menjabat selama dua periode di kampus yang beralamat di jalan Diponegoro Palu itu.

Dr. Umar Alatas, terpilih melalui rapat senat Universitas bulan Juli 2019. Dipundaknya kini disematkan harapan besar untuk mengembalikan kejayaan Universitas yang didirikan oleh Habib Idrus bin Salim Aljufri (Guru Tua), Ulama besar kharismatik pendiri Alkhairaat, organisasi terbesar dikawasan Indonesia Timur.

Umar Alatas, adalah rektor ke sepuluh dalam sejarah Unisa. Pria berdarah Arab Bugis itu memiliki catatan karir akademik yang luar biasa. Ia mengawali karir dari Wakil Dekan Fakultas Perikanan.

Usai Studi Doktoral dari Institut Pertanian (IPB), Bogor tahun 2014 Umar langsung diangkat sebagai Dekan Fakultas Perikanan.

Pada media ini, Sabtu, (30/8). Ia menceritakan awal mula dirinya memutuskan bertarung memperebutkan kursi Rektor Unisa.

Saat kepemimpinannya, yang masih tersisa satu tahun, Ia memutuskan maju sebagai kontestan pada pemilihan rektor setelah melihat hasil penjaringan bakal calon rektor, namanya terjaring dengan suara terbanyak dari sivitas akademika Unisa pada pemilu raya. Ia pun memutuskan maju sebagai calon Rektor dan akhirnya terpilih dalam rapat senat dengan meraih sembilan suara selisih tiga suara dengan pesaing beratnya Dr.Ahsan Mardjudo yang hanya meraup enam suara kala itu. Serta dua kandidat lainnya Dr. Agus Rahmat Lamakarate dan Dr. Muhammad Yasin masing-masing hanya mendapatkan lima dan tiga suara.

Umar Alatas, Lahir di Wani, Donggala, tanggal 12 Juni 1972 . Ia menikah dengan Sy.Rugaiyah Alhabsyi, keduanya dikaruniai dua orang putera. Sulung saat ini duduk di semester tiga Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar. Sementara putera keduanya tengah mengenyam pendidikan di salah satu Pondok Pesantren di Jawa.

Jenjang pendidikan strata satu (S1), Sarjana Perikanan diperolehnya di Fakultas Perikanan Universitas Alkhairaat (Unisa). Kemudian melanjutkan ke strata dua (S2), di Institut Pertanian Bogor (IPB), pada pada Program Studi Teknologi Kelautan. Selanjutnya pada almamater yang sama pada tahun 2014 ia berhasil menyelesaikan studi doktoralnya pada Program Studi tudi Teknologi Perikanan Tangkap.

Pakar Teknologi Perikanan Tangkap itu, pada tahun 2018 pernah ditugaskan selamat tiga bulan sebagai Ketua Tim Analisis Nilai Investasi Cold Storage Asset Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parigi Moutong. Selain itu juga pernah dipercayakan sebagai sebagai ketua tim Penyusunan Rencana Zonasi Teluk Tomini untuk kawasan Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Utara pada tahun 2015.

Dibidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah beberapa Umar Alatas, terpublikasi pada Jurnal Internasional, antara lain, Review on The Investment Evaluation of Department of Maritime Affairs and Fisheries Asset (Cold Storage) at Parigi Moutong Regency, Central Sulawesi, Indonesia. (Publikastion RJOAS, 2 (86), Februari 2019. Selain itu juga terpublikasi pada Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) tahun 2014 volume 15, No.2, PP 245-256 ISSN 2307-4531 dengan topik Optimum Compositions of Fishing Units in Five Scenarios of Sustainable Fisheries in Palu dan Sustainability of Small Pelagic Fisheries in Palu. Terpublikasi pada Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia/Pusat Penelitian Pengelolaan Perikanan dan Konservasi Sumberdaya Ikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan. J.Lit. Perikan.Ind.Vol.20 No.2 Hal 73-127 Juni 2014 ISSN 0853-5884. (Ridwan Laki)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya