HTTP Status[404] Errno [0]

Tauwwa,Bupati Takalar Menerima Penghargaan di Hari Aksara ke 54

08 September 2019 13:06
Tauwwa,Bupati Takalar Menerima Penghargaan di Hari Aksara ke 54
H. Syamsari,S.Pt.,M.Si

BugisPos- Hari Aksara Internasional (HAI) ke-54. Sebagai puncak peringatan, pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan penghargaan kepada 2 kabupaten/kota yang dianggap mampu menuntaskan kasus buta huruf di daerahnya. Acara perayaan HAI tahun ini digelar di Lapangan Karebosi, Sulawesi Selatan .Sabtu, (8/9/2019)

Berdasarkan rilis Kemendikbud yang di pantau BugisPos.com Sabtu kemarin, kabupaten/kota itu adalah Kabupaten Takalar dan Sidrap. “Kita patut memberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang telah berhasil percepatan penuntasan Buta Aksara secara signifikan di daerahnya,

” kata Mendikbud, Muhadjir Effendi. Saat ini terdapat 11 provinsi di Indonesia dengan jumlah penyandang buta huruf di atas rata-rata nasional, 2,07 persen.

Kemendikbud mengadakan program pendidikan keaksaraan dan keaksaraan lanjutan, khususnya di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) sebagai salah satu upaya untuk menyelesaikan buta aksara di Indonesia.

Menurut World Economic Forum (2016), terdapat enam kecakapan dasar yang harus dikuasai oleh orang di abad ke-21, yaitu baca-tulis, numerasi, sains, digital, finansial, budaya, dan kewargaan.

Menurut Muhadjir, tanggung jawab untuk mengentaskan buta huruf di Indonesia bukan hanya tanggung jawab pemerintah melainkan seluruh lapisan masyarakat.

Atas terselenggaranya puncak peringatan HAI ke-53, Muhadjir mengucapkan terimakasih kepada daerah Kota Makassar yang sudah bersedia menjadi tuan rumah pada tahun ini. Tuan rumah untuk acara tahun berikutnya belum disepakati.

Menurut keterangan Staf Humas Kemendikbud, Seno Hartono, belum ada keputusan terkait di mana tuan rumah penyelenggara puncak peringatan HAI ke-55 tahun depan.

“Masih melihat daerah yang memiliki prestasi dalam menurunkan angka buta huruf di daerahnya,” tulis Seno melalui pesan Whatsapp. Ia menyebutkan, penyerahan penghargaan Anugerah Aksara diterima langsung oleh masing-masing kepala daerah atau perwakilan yang turut hadir di kota Makassar,Sulawesi Selatan. Menteri pendidikan, Muhadjir Effendy, memberikan penghargaan secara langsung kepada para penerima penghargaan di acara puncak Hari Aksara Internasional, di Kota Makassar Sulawesi Selatan,

Kemendikbud Selain Anugerah Aksara, Kemendikbud juga memberikan beragam penghargaan kepada berbagai pihak yang memiliki peran dalam pengentasan buta aksara di Indonesia. (ZULFIKAR)

1351 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya