Andi Amal Tawarkan ki Enam Platform Prioritas Program

17 September 2019 13:01
Andi Amal Tawarkan ki Enam Platform Prioritas Program

 

BugisPos.- Menjelang pesta demokrasi Pilkada Bulukumba 2020 mendatang, sejumlah bakal calon Bupati dan Wakil Bupati mulai menawarkan program, dengan harapan, jika terpilih menjadi pemimpin di daerah ini, tentunya janji janji mereka akan diwujudkan selama masa pemerintahannya.

Salah satu diantaranya Drs.A.B Amal, yang kini masih menjabat Sekretaris Daerah Bulukumba, dan juga masuk bursa Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba.

Kepada awak media ini, Andi Amal, demikian sapaan akibatnya menyampaikan beberapa konsep, termasuk Visi Misi yang akan dilaksanakan jika kelak dia terpilih sebagai Bupati Bulukumba.

Disebutkan ada enam Platform Prioritas Program yang dia tawarkan jika masyarakat Bulukumba memberi amanah kepada dia selaku Bupati Bulukumba, keenam yang dia maksud adalah, pertama Reformasi Birokrasi Aparatur (ASN ), kedua Supremasi Hukum, ketiga Pembangunan yang berkeadilan, keempat Penciptaan Iklim Investasi yang Kondusif, kelima Keberpihakan pada kesejahteraan masyarakat kecil secara penuh dan berkesinambungan dan keenam Kemandirian Ekonomi.

” Insya Allah, apa yang menjadi janji saya, baik Visi, Misi maupun program prioritas, akan menjadi kewajiban saya melaksanakan selalu kurun waktu lima tahun. Dan saya berharap pada Pilkada Bulukumba 2020 mendatang, saya bisa mendapatkan kendaraan menuju Pesta Demokrasi Pilkada,” harapnya mengawali perbincangan dengan media ini.

Sebagai kandidat Balon Bupati, tentunya Anda punya Visi Misi Bakal Calon Bupati 2020, ?
Spontan Birokrat senior di Pemkab Bulukumba ini memaparkan Visi Misinya yaitu, ” Mewujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Pembangunan Kemandirian Ekonomi Yang
Dilandasi Oleh Pemerintahan Demokratis Dan Semangat Nilai-nilai Religius”.

Menurutnya, pengertian pokok yang terkandung dalam Visi pembangunan adalah
1. Sejahtera, mengandung pengertian, kondisi yang dimiliki, dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat/penduduk terhadap kebutuhan hak dasar hidupnya dalam upaya mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang lebih bermartabat. Kebutuhan dasar tersebut antara lain, kebutuhan pangan, kesehatan, pendidikan, tempat tinggal, air bersih, sumber daya alam, lingkungan hidup, rasa aman, dan hak untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial politik, baik bagi perempuan maupun laki-laki.

2. Pembangunan Kemandirian Ekonomi, mengandung pengertian, pertumbuhan dan perubahan kearah yang lebih mandiri dan lebih baik dari kondisi sekarang, serta ada upaya penciptaan ruang kreatifitas secara nyata dan dapat dirasakan, dinikmati hasil kreasi tersebut oleh seluruh lapisan masyarakat.

3. Pemerintahan Demokratis mengandung pengertian, suatu sistem dan tatanan kepemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat yang dilaksanakan dengan cara transparan, partisipatif, akuntabel dan menjunjung tinggi penegakan supremasi hukum.

4. Pemerintahan Religius mengandung pengertian, kondisi dan tatanan yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan agama dalam melakoni kehidupan keseharian.

Kemudian menurutnya, MISI adalah sebuah keinginan menyatukan langkah dan gerak dalam pencapaian visi yang telah ditetapkan.

Untuk mewujudkan visi, menurut Andi Amal, maka ditetapkan Misi sebagai berikut,
1. Mendorong peningkatan pendapatan masyarakat melalui percepatan usaha agribisnis dan agroindustri yang berdaya saing dan berbasis pada ekonomi kerakyatan dengan menjaga keseimbangan sumber daya alam dan lingkungan.

2. Menciptakan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi pada berbagai sektor dan wilayah.

3. Mendorong terciptanya iklim usaha dan investasi yang sehat, aman dan bertanggung jawab.

4. Mengoptimalkan potensi sumber daya lokal pada sektor pertanian secara umum.

5. Menciptakan sumber daya manusia yang berjiwa Entrepreneur dengan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan agama.

6. Meningkatkan kualitas sumberdaya Aparatur yang kompetitif dengan mengedapankan pola manajemen Reward And Punnishment.

7. Mewujudkan tata pemerintahan yang makin baik, bersih dan amanah (Good Governance) dengan berlandaskan pada kedaulatan rakyat, menjunjung tinggi supremasi hukum dan hak asasi manusia.

8. Pengembangan kerjasama antar Daerah (Pengembangan Ekonomi Regional) untuk menciptakan efisiensi dan sinergitas antar Daerah dalam suatu Wilayah.

9. Pelestarian sumber daya alam dan lingkungan, budaya dan peninggalan situs sejarah.

10. Mendorong terciptanya suasana religius di dalam kehidupan bermasyarakat demi pencapaian kesejahteraan.

Bagaimana Anda menerjemahkan misi terkait program strategis ? Andi Amal menyebut ada sepuluh point, yaitu,
1. Mendorong peningkatan pendapatan masyarakat melalui percepatan usaha agribisnis dan agroindustri yang berdaya saing dan berbasis kerakyatan dengan menjaga keseimbangan sumber daya alam dan lingkungan, maksudnya adalah menciptakan iklim yang kondusif agar terjadi percepatan usaha agribisnis dan agroindustri yang memiliki daya saing lokal dan global yang dilaksanakan oleh masyarakat dengan memperhatikan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan demi menjaga Suistinable Development.

2. Menciptakan pertubuhan dan pemerataan ekonomi pada berbagai sektor kehidupan masyarakat, maksudnya adalah terjadinya peningkatan pertumbuhan ekonomi yang dampaknya dirasakan secara merata melalui penyebaran program sektor unggulan dan sub sektor pada seluruh wilayah.

3. Mendorong terciptanya iklim usaha dan investasi yang sehat, aman dan
bertanggung jawab; maksudnya adalah melaksanakan deregulasi dan debirokratisasi sistem usaha yang dinamis disertai dengan keamanan dan jaminan berinvestasi melalui penyediaan regulasi yang berpihak pada pengembangan investasi berbasis pada potensi sumberdaya lokal.

4. Mengoptimalkan potensi sumber daya lokal pada sektor pertanian secara umum; maksudnya adalah melaksanakan dan mendorong tumbuh berkembangnya sub sektor tanaman pangan, peternakan, perkebunan, kehutanan, kelautan dan perikanan.

5. Menciptakan sumber daya manusia yang berjiwa Entrepreneur dengan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan agama; maksudnya adalah mendorong dan melahirkan sumber daya manusia yang berjiwa wira usaha yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan agama.

6. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Aparatur yang kompetitif; maksudnya adalah terciptanya sumber daya manusia aparatur (ASN) yang cerdas, produktif, kreatif dan berdaya saing dalam rangka menghadapi Era Industri 4.0 serta upaya mewujudkan E-Goverment.

7.Mewujudkan tata pemerintahan yang makin baik, bersih dan amanah (Good Governance) dengan berlandaskan pada kedaulatan rakyat, menjunjung tinggi supremasi hukum dan hak asasi manusia; maksudnya adalah penciptaan sistem pemerintahan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat yang didasari atas prinsip-prinsip keterbukaan, partisipatif, bertanggung jawab dan demokratis serta penegakan supremasi hukum.

8. Pengembangan kerjasama antar Daerah (Pengembangan Ekonomi Regional) untuk menciptakan efisiensi dan sinergitas antar Daerah; maksudnya adalah membangun
jejaring dan atau interkoneksitas antar Daerah dalam satu wilayah guna mendorong optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang saling menguntungkan.

9. Pelestarian sumber daya alam, lingungan dan budaya; maksudnya adalah melakukan penataan dan perlindungan terhadap sumber daya alam dan lingkungan agar dapat termanfaatkan secara berkesinambungan yang disertai dengan perlindungan dan pelestarian nilai-nilai budaya sebagai spirit dalam mendorong pembangunan yang humanis.

10. Mendorong terciptanya suasana religius didalam kehidupan bermasyarakat dalam pencapaian kesejahteraan; maksudnya adalah menumbuhkan nilai-nilai keagamaan dalam aktifitas kehidupan sosial dan masyarakat.

Sekedar diketahui, Andi Amal juga termasuk diantaranya kandidat Balon Bupati yang ikut mendaftar pada tim penjarigan PDIP Bulukumba bersama 25 kandidat lainnya, dan dia berharap partai besutan Megawati Soekanor Putri menjadi salah satu partai yang bisa dia gunakan pada pendaftaran sebagai Calon Bupati / Wakil Bupati di KPUD Bulukumba, demikian juga dengan partai lainnya dan Andi Amal menyatakan siap bersama seluruh partai yang mendukung dia, dan menurutnya, selama ini dia juga aktif membangun komunikasi politik dengan sejumlah kandidat..- Suaedy.-

 

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya