Semangat dan Kerjasama, SMPN 1 Bangli Meraih Juara LSS Tingkat Nasional

21 September 2019 06:07
Semangat dan Kerjasama, SMPN 1 Bangli Meraih Juara LSS Tingkat Nasional

BugisPos, Bangli.- SMP Negeri 1 Bangli, Provinsi Bali, yang terletak di Jalan Nusantara Bangli, pada tahun 2018 lalu dinobatkan sebagai juara pertama pada ajang Lomba Sekolah Sehat ( LSS) tingkat Nasional.

Setelah dinobatkan sebagai juara pertama tingkat Nasional, sejumlah daerah di Indonesia datang berguru di Sekolah yang di kepalai  I Wayang Widiana Sandhi, termasuk diantaranya Tim Pembina UKS Pemkab Bulukumba, dipimpin Kabag Kesra Setda Bulukumba Hj.Darmawati Provinsi Sulawesi selatan.

Sebelum berkunjung ke SMP Negeri 1 Bangli, rombongan Tim Pembina UKS Pemkab Bulukumba, terdiri dari Sekretaris Dinas Pendidikan HA.Firman, Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Hj.Nur Isda, Kasubag Pembinaan Sosial Bagian Kesra A.Mirza Melianie, pengelola UKS pada Bagian Kesra A.Mudassir dan Salma, serta turut menyertai Kepala SMP.Negeri 10 Bulukumba selaku Tim Pelaksana UKS Andi Asniar, diterima secara resmi di kantor Bupati Bangli oleh Kabag Kesra setempat Jro Penyaritan A Widata bersama tim pembina UKS Kabupaten Bangli, termasuk Kepala SMP Negeri Bangli  I Wayang Widiana Sandhi dan Wakilnya.

Kabag Kesra Bangli Jro Penyaritan Widata menyambut baik rombongan Tim Pembina UKS Bulukumba, sekaligus memaparkan langkah yang dilakukan pemerintah setempat sehingga bisa mengantar SMP Negri 1 Bangli bisa menorehkan prestasi yang luar biasa sebagai juara pertama Lomba Sekolah Sehat ( LSS ) tingkat Nasional.

” Untuk meraih sukses, kuncinya hanya semangat dan kerja sama dengan seluruh Tim Pembina UKS, dan mendapat respon dari Bupati Bangli I Made Gianyar,” papar Kabag Kesra Bangli.

Yang menarik, karena Kabag Kesra Bangli masuk sebagai anggota Tim Aanggaran Pemerintah Dserah ( TAPD ), sehingga alokasi anggaran untuk kegiatan pembinaan UKS di daerah itu, terintegrasi dengan masing masing OPD pembina.

” Bagian Kesra menangani managamen pembinaan, sementara alokasi anggaran untuk kegiatan lomba termasuk sarana dan prasarana ditangani Dinas Pendidikan Bangli,” sebut Jro.

Dia juga menyebutkan, salah satu indikator yang mengantar SMP Negeri 1 Bangli menjadi juara, karena pihak sekolah melakukan inovasi atau gagasan baik dari guru maupun peserta didik, dengan melibatkan masyarakat sekitar sekolah untuk ikut mendukung program Prilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ).

Dipaparkan pula yang ditonjolkan di SMP Negeri Bangli adalah UKS Berbudaya, atau adat istiadat setempat dipegang teguh oleh seluruh anak didik yang mencapai 800 orang lebih. ” Yang pasti anak didik di SMP Negeri 1 Bangli sudah membudayakan berprilaku hidup  bersih dan sehat.  Selain itu anak anak juga diajarkan untuk jujur. Contohnya jika ada anak yang menemukan uang, maka uang itu dilaporkan kepada guru, dan jika dalam sehari tidak ada yang mengaku kehilangan uang, maka uang itu dimasukkan ke kotak yang disebut Kotak Berkarakter yang disiapkan  untuk kepentingan anak didik itu sendiri,” jelasnya, selain itu kegiatan pelaksanaan ibadah di SMP Negeri 1 Bangli, dilakulan tepat waktu, di mana pun anak anak itu berada, misalnya di kantin, di ruang belajar maupun di tempat lainnya.

Untuk mewujudkan anak berprilaku hidup sehat dan bersih, katanya, tidak semudah yang diharapkan, tetapi melalui proses panjang, sampai tahunan baru bisa terwujud dan pihak sekolah terus melakukan pembinaan berkelanjutan. ” Komitmen kami semua dari tim pembina UKS dan pihak sekolah, tidak hnya bisa diucapkan, tetapi harus bisa dilaksanakan, dan kami di Bangli mengedepankan
karifan lokal, menghargai karya anak didik dari bambu, dan budaya bukan berbau mistik, kami miliki kepercayaan dalam menumbuhkan karakter anak melalui Barong Rangda,” papar Kepala SMP Negeri 1 Bangli, sambil menambahkan melalui UKS Berbudaya di SMP Negeri 1 menjadikan tim penilai tertarik sekaligus menjadikan SMP Negeri 1 Bangli sebagai juara pertama tingkat Nasional tahun 2018 lalu.

Rombongan Tim Pembina UKS Bulukumba bersama Kabag Kesra Bangli, Kepala dan Guru SMP Negeri 1 Bangli foto bersama di SMP Negeri 1 Bangli di jalan Nusantara

Kabag Kesra Bulukumba Hj.Darmawati menyampaikan terima kasih dan akan menjadikan referensi bagi dia bersama tim Pembina UKS Bulukumba dalam rangka menghadapi LSS Tingkat Nasional tahun 2020 mendatang, sekaligus menyampaikan kepada Kabag Kesra Bangli, bahwa tahun 2019 ini, MAN 2 Bulukumba, juga mengikuti LSS tingkat Nasional, dan saat ini menunggu tim verifikasi dari pusat, yang akan ke Bulukumba melihat secara langsung hasil penilaian dari tim penilai LSS Pusat.

Dan tahun 2018 lalu, SMP Negeri 1 Bulukumba, juga sebagai juara pertama Lomba Sekolah Sehat ( LSS ) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, sekaligus mewakili Sulsel pada LSS tingkat Nasional, hanya saja belum berhasil menjadi juara di tingkat Nasional.

” Terima kasih, kepada pak Kabag Kesra Bangli bersama seluruh tim pembina UKS yang hadir dan Kepala SMP Negeri 1 Bangli, kami sudah mendapatkan banyak informasi atau trik yang dilakukan sehingga SMP Negeri 1 Bangli bisa meraih prestasi yang luar biasa, sebagai juara pertama nasional lomba sekolah sehat tahun 2018,” kata Hj.Darmawati, selanjutnya melakukan kunjungan ke SMP Negeri 1 Bangli.- Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya