345 Siswa SMAN 1 Bulukumba Ikut ki Tauwwa Tes Bakat Skolastik

01 October 2019 23:48
345 Siswa SMAN 1 Bulukumba Ikut ki Tauwwa Tes Bakat Skolastik

 

BugisPos.- Program Tes Bakat Skolastik ( TBS ) yang dikembangkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang, Kemendikbud, menggunakan model UBK (Ujian Berbasis Komputer) dengan metode semi-online, yang terkoneksi internet, dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bulukumba.

Sedikitnya 345 orang siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bulukumba, mengikuti Test Bakat Skolastik (TBS) tersebut pada hari Selasa (1/10) pagi tadi. Sekedar diketahui Tes Bakat Skolastik (TBS), merupakan tes untuk mengukur potensial umum yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang, dalam rangka untuk melanjutkan belajar ke perguruan tinggi atau pada situasi yang baru.

Menurut Kepala SMAN 1 Bulukumba Drs. Rusli Umar M.Pd, kepada media ini menjelaskan, tes tersebut dapat mencerminkan tingkat kecerdasan intelektual (IQ) pesertanya. Artinya, kata anggota Komunitas 86 ini, TBS mempunyai korelasi yang signifikan dengan prestasi belajar siswa.

” Siswa dengan nilai TBS yang tinggi, maka siswa tersebut tentunya akan mempunyai prestasi belajar yang bagus,” jelas Rusli yang juga alumni SMA Negeri 1 Bulukumba tahun 1986.

Menurutnya, TBS dikembangkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang, Kemendikbud, menggunakan model UBK (Ujian Berbasis Komputer) dengan metode semi-online yang terkoneksi dengan internet, dibutuhkan hanya ketika sinkronisasi, rilis token, dan unggah data jawaban.

” Koneksi internet tidak diperlukan saat peserta mengerjakan soal dan pelaksanaan tes dilaksanakan di ruang UBK di sekolah,” katanya.

Dijelaskan, pelayanan Tes Bakat Skolastik ini bertujuan untuk memberikan gambaran potensi siswa dalam menggunakan logika verbal, logika numerik, dan kemampuan siswa dalam mengorganisasi informasi untuk menyelesaikan masalah secara sistematis.

Keunggulan TBS, tambah Rusli, ada pada prosedur pengembangan butir soalnya yang valid dan terkalibrasi. ” Melalui butir soal yang valid dan terkalibrasi, maka hasil tes dari paket dan tahun yang berbeda akan dapat diperbandingkan,” ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan, TPSĀ adalah tes yang digunakan untuk mengukur potensi diri, kemampuan kognitif, logika atau nalar dan pemahaman umum sebagai persiapan masuk ke perguruan tinggi melalui UTBK tahun 2020.-Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya