Yaa Dende’, Usir Wartawan Bisa Dipidana

29 October 2019 09:04
Yaa Dende’, Usir Wartawan Bisa Dipidana
Ketua JOIN Sulsel, Dr.Arry Abdi Syalman, SH, MH.

BugisPos — Terkait pengusiran wartawan Celebes TV, Dian Cahyadi ketika meliput di SMPN 40 Makassar, Ketua JOIN Sulsel, Dr.Arry Abdi Syalman, S.pd, SH, MH angkat bicara terkait hal itu.

Arry menyesalkan kejadian semacam itu terus berulang menimpa para pencari berita. Hal ini dikemukan kepada BugisPos via Whatts App pada Senin (28/10/2019) pukul 23.00 malam.

“Pengusiran wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik merupakan pelanggaran terhadap Undang-Undang No 40 Tahun 1999 tentang Pers. Jika mencermati UU tersebut, maka oknum tersebut telah melanggar UU Pers,” ungkapnya.

“Itu pelanggaran Undang-Undang Pers dan bisa dipidanakan,” tegas mantan wartawan Metro TV ini.

“Dalam ketentuan pidana pasal 18 UU No 40 tahun 1999 juga menyebutkan barang siapa yang mencoba melakukan kegiatan menghalang-halangi tugas jurnalistik dapat pidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan denda paling banyak Rp 500 juta,” terangnya lagi.

Lanjut Arry, Perlu edukasi dan sosialisasi undang-undang keterbukaan informasi publik kepada seluruh instansi untuk menumbuhkan kesadaran, karena banyak pihak yang tidak memahami itu.

“Sesekali boleh kita coba untuk memejahijaukan hal-hal demikian, sehingga kedepannya dapat menjadi pembelajaran bagi semua pihak,” kunci Arry. (One)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya