ORGAN __ ISASI

02 November 2019 14:34
ORGAN __ ISASI
Ilustrasi

Oleh : Arwan D. Awing

(Sekretaris LSM Progress)

 

BugisPos — Organ berasal dari bahasa Yunani yaitu Organon yang berarti Alat, jadi secara definisi adalah kumpulan jaringan yang bekerja sama untuk melakukan tugas tertentu.

Adapun organ-organ manusia saling bekerja sama sesuai dengan tupoksi dan kerja masing-masing sehingga dapat menggerakkan manusia untuk berdaya guna.

Organ apabila diberi kata Ik menjadi Organik yang artinya zat yang berasal dari mahluk hidup seperti batu bara, minyak bumi dan lain-lain.

Organ diberi akhiran isme menjadi Organisme berarti kumpulan molekul-molekul yang saling mempengaruhi sehingga berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup.

Itu tadi merupakan contoh perubahan arti dari tambahan akhiran dari kata organ. Fokus pembahasan adalah kata Organ apabila ditambah menjadi sebuah kata baru yang bernama Organisasi.

Bila kita menilik dari pendapat para ahli, definisi dari kata Organisasi itu memiliki arti yang banyak, di antaranya :

1. Definisi organisasi menurut Stoner adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang dibawah pengarahan manejer untuk mengejar tujuan bersama.
2. Definisi organisasi menurut James D. Meoney adalah bentuk perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Definisi organisasi menurut Chester I. Bernard adalah merupakan suatu sistem aktivitas yang dilakukan dua orang atau lebih untuk tujuan bersama.
4. Definisi organisasi menurut Stephen P. Robbins adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
5. Definisi organisasi menurut Prof.Dr. Sondang P. Siagian adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang yang disebut atasan dan sekelompok orang yang disebut bawahan.
6. Definisi organisasi menurut Drs. Melayu S.I. Hasibuan adalah suatu sistem perserikatan formal terstruktur dan terkoordinasi dalam kelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama.
7. Definisi organisasi menurut Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerja sama secara tertentu untuk tujuan bersama.
8. Definisi organisasi menurut Paul Preston dan Thomas Zimmerer adalah sekelompok orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok yang bekerja sama untuk tujuan bersama.

Dari seluruh ahli yang berpendapat, ada dua kata kunci yang merupakan azas dari sebuah organisasi, yaitu “Kerja Sama” dan “Tujuan Bersama”. Ini dapat disimpulkan bahwa organisasi itu adalah suatu kelompok orang dalam satu wadah yang bekerja sama untuk tujuan bersama. Ini berarti dalam berorganisasi dibutuh dua orang atau lebih untuk bekerja sama dalam memutuskan suatu keputusan agar tujuan tersebut dapat dicapai. Makanya untuk mencapai tujuan organisasi diperlukan tiga argumen, yaitu :

1. Studi Organisasi (Organizational Study)
2. Perilaku Organisasi (Organizational Behaviour)
3. Analisa Organisasi (Organizational Analysis)

Kita tidak ingin membahas ketiga tersebut diatas secara panjang lebar, namun kita mengerucut kepada pengunaan kata Organisasi untuk mengekuivalenkan suatu wadah atau perkumpulan. Timbul pertanyaan mengapa tidak menggunakan kata perkumpulan saja untuk sekelompok orang yang ingin bekerja sama untuk tujuan bersama. Ternyata kata Perkumpulan atau Kelompok atau Wadah atau apapun namanya belum bisa mewakili semangat bekerja sama itu. Jadi kata yang paling tepat adalah Organisasi yang berasal dari kata Organ.

Kata dasar Organ sangat tepat untuk menampung semangat bekerja sama tersebut. Kata kunci sama yaitu “Kerja Sama”. Organ-organ tubuh manusia seperti jantung, otak, hati dan lain sebagainya bekerja sama sesuai dengan tupoksi atau fungsi organ itu sendiri untuk tujuan yang sama yaitu manusia itu akan hidup dan bergerak. Salah satu organ tubuh yang tidak bekerja maka manusia yang bersangkutan akan sakit bahkan mati. Sungguh aneh kiranya apabila jantung hanya ingin memakai paru-paru untuk tidak dipompakan darah tanpa melibat organ-organ lain, tentu secara keseluruhan akan vatal akibatnya.

Sama halnya dengan organisasi, itulah digunakan kata dasar Organ karena filosopinya organisasi tak akan sehat bahkan mati apabila organ-organ dalam tubuh organisasi tidak berfungsi dengan baik. Itulah mengapa organisasi butuh duduk bersama untuk membuat suatu peraturan yang akan ditaati bersama yang lazim disebut Anggaran atau Aturan Dasar dan Anggaran/Aturan Rumah Tangga. Ini berfungsi untuk mengerem sifat-sifat egoistik atau otoriter setiap personal-personal yang didaulat untuk menjadi atasan.

Hukum atau putusan tertinggi dalam sebuah organisasi adalah AD/ART organisasi. Penentuan keputusan organisasi yang bertumpu pada “Satu Orang” itu sangat membahayakan bagi kesehatan organisasi. Apalagi setiap putusan yang didasari oleh “Power Syndrom” itu dapat mematikan organisasi.

Karena inti sebuah organisasi dapat hidup adalah “Kerja Sama”, dan inti organ-organ manusia dapat hidup, juga karena “Kerja Sama”.
Dalam sebuah organisasi hukum tertingginya adalah AD/ART organisasi, bukan terletak pada “Sosok”. Bertumpu kepada seseorang atau figur, bukan organisasi tapi mungkin kita bisa sebut sebagai ” Sosokisasi” atau “Figurisasi” atau apapun namanya. Makanya dalam berorganisasi butuh “Membaca” AD/ART sebuah organisasi sebelum bergumul didalamnya.
Jikalau ingin berorganisasi hanya bertumpu pada “Sosok” semata, maka hanya akan membuat dua pasal peraturan, yakni :

Pasal 1. Pimpinan selalu benar.
Pasal 2. Apabila terjadi perselisihan kembali ke pasal 1.

Tak heran kiranya, apabila kata Organ dipakai sebagai kata untuk Organisasi, karena Organ = Organisasi = Kerja Sama = Tujuan bersama.

 

Makassar, 03 November 2019

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya