Tauwwa, Nurlina Subair Diundang ke singapura

04 November 2019 12:26
Tauwwa, Nurlina Subair Diundang ke singapura
Nurlina Subair

 

BugisPos — Dosen FKIP Unismuh Makassar Dr. Nurlinah Subair, M.Si, diundang jadi pembicara soal kanker di Singapura 5-6 Nopember 2019.

Menurut Nurlinah kepada media, Senin (4/11/2019), panggilan jadi pembicara di Singapura itu datang dari lembaga berpusat di Hongkong.

Lembaga itu bernama Pfizer Corporation Hong Kong Limited (Pfizer).

Acara itu bernama Forum Pemangku Kepentingan Onkologi 6 APAC, tegas Dosen Dipekerjakan LLDIKTI IX di Unismuh Makassar ini.

Pertemuan ini bertujuan membahas sentrisitas pasien; pembangunan kapasitas; lanskap kanker paru-paru; berbagi praktik terbaik termasuk informasi dan pendidikan.

Program ini akan dimulai pukul 8:30 pagi pada 5 November 2019 dan berakhir pada 17:00 pada 6 November 2019.

Pertemuan dan akomodasi hotel akan berada di Pan Pacific Hotel, Singapura.

Jejak rekam perjalanan hidup penyintas kanker ini sangat luar biasa. Di saat sedang merampungkan jenjang studi S3 sosiologi di PPs-UNM, tahun 2012 dia divonis mengidap penyakit kanker payudara.

Sejak itu bertekad menaklukkan penyakit kanker dengan mengikuti proses penyembuhan dengan beberapa kali operasi.

“Malah di saat-saat akan ujian proposal, ujian hasil, ujian tutup dan promosi dia harus tetap berjuang dengan mempertaruhkan nyawa menaklukkan kanker, ” kata Dewan Pengawas Rumah Sakit Kota Makassar ini.

Semangat hidup yang cukup tinggi ditambah dukungan keluarga dan teman sejawat menjadikan magister sosiologi PPs-Unhas ini, mampu menaklukkan dan kini mulai menata kehidupan selaku penyintas kanker.

Setelah sembuh dari serangan penyakit kanker bersama dengan sesama pentintas kanker mendirikan komunitas diberi nama, Makassar Cancer Care Community (MC3).

“Lewat komunitas itu banyak berbuat melakukan penyadaran sosialiasasi penyakit kanker kepada seluruh lapisan masyarakat.

Sejak mulai hadir komunitas MC3 sejak 2012, dengan kegiatan penyuluhan penyakit kanker, membawa dampak bagi penderita yang datang berobat ke pusat pelayanan,” ungkapnya.

Beberapa tahun lalu, pengidap yang datang dominan stadium tinggi, maka tahun-tahun terakhir ini pengidap yang datang dalam skala stadium dini. Pengenalan lebih dini kanker akan memiliki peluang lebih besar untuk disembuhkan.

Selain sebagai ketua MC3, banyak berkecimpung bidang kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Misalnya di Asosiasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LMP) Kota Makassar, Wakil Sekertaris TP Kota Makassar 2005- sampai sekarang, anggota P2TP2A ( Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A) Kota Makassar.

Wakil Ketua BKMT Kota Makassa, Pengda Perwosi Sulsel, dan pengurus Himpunan Wanita Karya (HWK) Sulsel sejak 1989. (syahrul)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya