SD Negeri Borong Merayakan ki Outdoor Classroom Day (OCDay)

08 November 2019 13:48
SD Negeri Borong Merayakan ki Outdoor Classroom Day (OCDay)
Anak-anak senang sekali, berada di ruang redaksi.

BugisPos — Sekelompok anak terlihat berada di ruang redaksi harian Radar Makassar. Jika biasanya anak-anak hanya akrab dengan gawai dan medsos, kali ini mereka diajak melihat aktivitas para jurnalis. Kamis, (7/11/2019)

Anak-anak berseragam putih merah itu merupakan murid-murid SD Negeri Borong, Makassar, yang tengah merayakan Outdoor Classroom Day (OCDay) atau Sehari Belajar di Luar Kelas. Mereka terdiri dari murid kelas 1, 2, 4 dan 5.

Selama berada di Radar Makassar, mereka mendapatkan penjelasan tentang jurnalistik dari Kak Poppy. Beberapa anak tampak asyik membuka-buka halaman koran, sepintas membaca isinya dan melihat foto-foto yang menghias berita hari itu.

“Anak-anak senang sekali, berada di ruang redaksi. Apalagi setelah dikasi kesempatan duduk di depan komputer. Mereka langsung berebutan kursi,” cerita Neny Wahyuni Wahab, S.Pd, guru yang menemani anak-anak lakukan visit media.

Bu Uni, begitu ia biasa disapa, juga ditemani rekannya dari SDN Borong, Andi Sumiati, S.Pd, dan 2 orangtua murid. Selain ke media cetak, rombongan literasi media ini ke NET tv. Di stasiun televisi berjaringan ini, anak-anak diterima Abdul Khaliq, Produser NET Makassar. Anak-anak gembira berada di ruangan yang biasa digunakan syuting program acara talk show. Mereka serius belajar bagaimana proses produksi sebuah siaran hingga bisa tayang di layar kaca.

Iwan Taruna, Penanggung Jawab Siaran Lokal NET, yang dihubungi via whatsapp mengatakan, sebagai penggiat broadcast, dirinya sangat mengapresiasi kunjungan anak-anak ke stasiun TV. Ini penting, katanya, karena bisa memberi pemahaman kepada anak-anak tentang siaran yang berkualitas. Selain itu, mereka juga belajar tentang ragam profesi yang ada di belakang layar.

“Saya perhatikan ekspresi anak-anak saat ke redaksi dan studio NET begitu antusias,” ungkap Iwan Taruna.

Bu Uni mengatakan, bukan hanya anak-anak, bahkan dirinya sebagai guru, serta orangtua yang ikut dalam kunjungan, mendapat pengalaman baru yang sangat berharga. Kepala Sekolah SDN Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd, menyatakan, pihaknya memang mendorong guru-guru mengambil inisiatif untuk hadirkan hal-hal baru bagi anak pada momen OCDay agar pembelajaran lebih kreatif, rekreatif dan inspiratif. Apalagi pihaknya menggunakan pendekatan multi-stakeholder dalam mengimplementasikan Sekolah Ramah Anak (SRA).

Rusdin Tompo, fasilitator minat bakat di SDN Borong, yang juga dikenal sebagai aktivis anak, menjelaskan OCDay adalah kesempatan bagi anak mengenal lingkungan sosialnya dan potensi yang ada di sekitarnya. Semua itu merupakan sumber belajar yang sangat kontekstual dengan kehidupan anak. Apalagi OCDay merupakan bagian dari peringatan Hari Konvensi Hak Anak dan upaya percepatan SRA.

Anak-anak lain, diajak melihat secara dekat aktivitas pengrajin perak dan tembaga di RW 11 yang masih berada di Kelurahan Borong. Kelurahan Borong di Kecamatan Manggala ini memang merupakan salah satu sentra kerajinan perak, tembaga dan emas di Kota Makassar.

Selama berada di sini, anak-anak didampingi oleh Rosmiati, S.PdI, guru agama Islam yang juga sebagai Ketua Tim Adiwiyata SDN Borong. Anak-anak mendapatkan penjelasan dari salah seorang pengrajin, Daeng Bahar, tentang alat dan bahan yang digunakan. Mereka kini mengetahui bahwa asesoris atau kelengkapan pakaian adat Bugis-Makassar yang mereka biasa gunakan dihasilkan di Borong.

Sekelompok anak lainnya, ditemani Andi Etty Cahyani, S.Pd dan Hj. Andi Subaedah, S.Pd menuju masjid di Kompleks Delta Mas, yang berada di seberang sekolah. Di sini, mereka dimotivasi untuk mau menulis oleh M. Galang Pratama, pegiat literasi dan owner Jariah Publishing. Menurut Galang, anak-anak perlu memiliki tradisi menulis agar mereka tumbuh sebagai generasi yang kritis dan memiliki pemikiran serta pandangan-pandangan yang positif.

“Mudah-mudahan mereka bisa menulis buku, pada usia yang masih muda. Tinggal didampingi saja,” kata Galang yang juga dikenal sebagai penyair itu.

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya