Iqbal Suhaeb : Memasuki Musim Hujan, Instruksikan ki Tanggap Banjir

08 November 2019 21:45
Iqbal Suhaeb : Memasuki Musim Hujan, Instruksikan ki Tanggap Banjir
Beberapa ruas jalan menyisakan genangan air yang untungnya perlahan – lahan surut seiring hujan reda

 

BugisPos — Hampir satu pekan ini, Makassar diguyur hujan selama dua hari. Di beberapa wilayah intensitas hujan relatif tinggi dengan durasi yang cukup panjang, lebih dari satu jam seperti di daerah barat kota, Jalan Jenderal Ahmad Yani dan sekitarnya hingga ke daerah selatan kota seperti Jalan Andi Pangerang Petta Rani hingga Jalan Letjen Hertasning.

Beberapa ruas jalan menyisakan genangan air yang untungnya perlahan – lahan surut seiring hujan reda. Kekhawatiran terjadinya banjir saat musim hujan masih saja ada. Apalagi jika mencermati sistem drainase dalam kota yang tidak saling terkoneksi satu dengan lainnya atau memiliki patahan yang tidak semuanya bermuara ke laut atau sungai, sehingga jika turun

Hujan dengan curah yang relatif tinggi ditambah waktu yang panjang, maka akan sangat berpotensi mengakibatkan banjir.
Hal itu dapat diminimalisir jika warga bersama pemerintah bekerjasama menjaga kebersihan lingkungan utamanya saluran air, got, drainase ataupun kanal.

Menyikapi hal itu, Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb menginstruksikan seluruh jajarannya tanggap banjir memasuki musim hujan. Instruksi itu disampaikannya usai menghadiri Ummat Fest di Celebes Convention Center, Jumat (8/11).

”Saya instruksikan camat, lurah, pimpinan OPD agar mewaspadai potensi terjadinya banjir saat memasuki musim hujan. Lurah dan camat membuka Posko tanggap banjir di wilayahnya masing – masing yang siaga 24 jam. Puskesmas di wilayah rawan banjir agar siaga 24 jam, di bawah kordinasi kepala Dinas Kesehatan untuk mengantisipasi warga yang terserang penyakit akibat cuaca dingin di musim hujan,” Ungkapnya Iqbal.

Ia juga menginstruksikan lurah dan camat agar menggiatkan kerja bakti di lingkungannya masing – masing, utamanya membersihkan saluran air dan drainase serta kanal agar tidak tersumbat saat musim hujan tiba. (Zulfikar)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya