Puluhan Pendekar UKS M Hadiri Pembukaan Penganugrahan LSS Berkarakter di Jakarta

12 November 2019 06:48
Puluhan Pendekar UKS M Hadiri Pembukaan Penganugrahan LSS Berkarakter di Jakarta

 

BugisPos, Jakarta- Malam pembukaan penganugrahan Lomba Sekolah Sehat ( LSS ) Berkarakter dihelat, Senin (11/11) malam ini di ball room hotel Kartika Chandra Jalan Gatot Subroto, dibuka Ketua panitia pusat Drs.Alians, MPD dari Kementerian Kesehatan RI.

Pada pembukaan itu, juga hadir Kepala MAN 2 Bulukumba Provinsi Sulsel Drs.H.Syarifuddin, Pembina UKS Kabupaten Bulukumba Kadis Pendidikan Drs. H.Akhmad Januaris, Kabag Kesra Hj.Darmawati, SE, Kasubag Pembinaan Sosial A.Mirza Melanie, Andi Mudassir dan Salma keduanya pengelola UKS M tingkat Kabupaten,vKepala Puskemas Caile Kelurahan Ujungbulu Indrayana, SKM, M.Kes, serta sejumlah pendekar UKS M se Indonesia.

Saat membuka kegiatan itu, Alians menyampaikan selamat datang para pendekar UKS M se Indonesua di Jakarta, dalam rangka penganugrahan pemenang Lomba Sekolah Sehat Berkarakter tingkat Nasional tahun 2019 yang bertujuan memberikan motivasi kepada sekolah dalam mewujudkan Sekolah Sehat dan perilaku hidup sehat.
Sebelumnya didahului dengan Doa bersama atas berpulangnya bapak UKS M Nasional Drs.Susanto.

Menurutnya LSS ini merupakan ajang tahunan yang merupakan penjabaran dari Kemendikbud, Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan yang sengaja diprogramkan, bertujuan untuk mengapresiasi pelaksanaan implementasi UKS-M di masing masing sekolah, serta memberikan motivasi bagi seluruh sekolah, agar program UKS M ini benar benar dilaksanakan.

Karena katanya, pada kenyataan, masih ada sekolah yang belum memprogramkan UKS dan ini menyedihkan, karena melalui UKS bisa merubah perilaku hidup bersih dan sehat bagi peserta didik dan merupakan bagian dari penguatan karakter anak didik itu sendiri.

” Kalau program UKS M ini dilaksanakan intens, kebiasaan hidup bersih sehat, bisa mempengaruhi masyarakat di sekitar sekolah dan kami berharap program UKS ini menjadi unggulan dan jika terus dikembangkan, maka program ini akan semakin kokoh,” harap Alyans sambil menyebut LSS tahun ini tiga kategori yang dilombakan dan yang hadir saat ini adalah para pendekar dan juara UKS M juara tingkat nasional yang hasilnya akan diketahui pada tanggal 13 November 2019 malam.

Disebutkan tujuan utama bukan juara tetapi LSS ini hanya ajang yang diharapkan adanya perubahan perilaku hidup sehat yang bisa menyebar di sekitar sekolah dan ini awal untuk mengubah perilaku. ” Kami akan terus memantau apakah yang juara memang pantas mendapat penghargaan dari pemerintah,” terangnya.

Ditegaskan pula, setelah penganugrahan ini, kita tidak mau stop sampai disini, tetapi dia mau terus berkelanjutan dan menjadi budaya sehari hari di sekolah. ” Ada rencana kami akan melihat, apakah yang diundang ini betul juara sejati.
Untuk itu, Kami tetap akan melakukan evaluaasi untuk perbaikan kedepan,” katanya.

Sementara itu, Agus Suharyanto, dari Bagian Umum dan Kerjasama jKementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama H.Ahyar mengatakan, metode pelaksanaan LSS dari tahun ke tahun akan lebih ditingkatkan, jadi penilaian dilakukan secara berkala, sekaligus mau lihat wajarkah sekolah yang juara mendapatkan hadiah.

Dihadapan para Kepala Sekolah yang juara dan para pembina UKS M Kabupaten kota se Indonesia, Agus menyampaikan, sekarang program UKS sudah masuk Indikator penilaian mutu. ” Kita akan melihat peta mutu mana bisa lolos paripurna,” terangnya sambil menyampaikan program kegiatan pada Selasa hingga Kamis mendatang.- Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya