Ini mi Kinerja Prof. Andalan dalam Setahun

13 November 2019 18:41
Ini mi Kinerja Prof. Andalan dalam Setahun
NA dan SYL

Oleh :

Kelompok Independen Pemerhati Pembangunan Sulsel. (KIPPS)

 

BugisPos — Sulawesi Selatan banyak mengalami perubahan mendasar selama lebih setahun dibawah kepemimpinan Gubernur Nurdin Abdullah, diawali dengan visi untuk menghadirkan Sulsel yang inovatif, produktif, kompetitif, inklusif dan berkerakter sebagai pedoman utama lalu di jabarkan pelaksanaannya dalan program unggulan yaitu percepatan reformasi birokrasi pegawai yang bersih melayani, percepatan pembangunan infrastruktur yang terkoneksi, pembagunan hilirisasi pertanian untuk pertumbuhan ekonomi rakyat, peningkatan layanan kesehatan dan pendidikan, penguatan wisata terintegrasi dan pemanfaatan sumberdaya alam yang berwawasan lingkungan.

Program unggulan tersebut lalu kemudian dijabarkan lagi dalam program kerja tahunan yang tercermin dalam batang tubuh APBD mulai tahun 2018 dan kini telah disiapkan lagi tahun kedua APBD 2020. Di APBD itu dengan jelas dapat dilihat berbagai belanja daerah menunjukkan pemerintahan yang orientasi pro rakyat belanja modal yang bersentuhan langsung kebutuhan publik lebih besar dibanding belanja lainnya.

Lalu kemudian dalam pelaksanaaan tatakelola pemerintahan pada tahun pertama dibawah komando Nurdin Abdullah sejumlah capaian spektakuler yang dapat direalisasikan.

Dapat dijelaskan dalam dua bagian antara lain:

Bagian pertama adalah reformasi birokrasi dengan membuat sejumlah kebijakan dan aksi nyata untuk menghadirkan sistem tatakelola pemerintahan yang terbuka transparan bersih dan melayani yang meliputi yaitu:

(1). Merubah komponen belanja apbd dengan memperbesar belanja modal daerah yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan rakyat, memperbesar belanja bantuan dana daerah bawahan kabupaten kota khusus untuk membiayai belanja pemberdayaan ekonomi rakyat serta mengefesiensi belanja yang tak prioritas hal itu konsisten tercermin dalam APBD Sulsel baik tahun anggaran 2019 dan maupun tahun anggaran 2020.

(2). Penertiban aset yang progresif, aset yang diselamatkan nilai melebihi 6 trilliun baik itu aset tanah, bangunan, fasum dan fasos, kendaran dinas dan aset lain yang tadinya dikuasai pihak lain kini dapat dikembalikan menjadi milik daerah termasuk stadion mattoangin, fasum fasos GMTD dan lain sebagainya.

(3). Menata sistem pemerintahan berbasis sistem elektronik mulai dari e-planning dan e-bugetting (sistem perencanaan dan keuangan daerah) yang tidak memberi lagi ruang proyek titipan, seluruk program dan kegiatan harus dibahas dari awal melalui tahapan perencanaan pembangunan musresbang yang ada.

(3). Pemusatan pengadaaan barang dan jasa dengan melalui lelang elektronik dan pokja mandiri- tidak ada ruang lagi untuk mengorder proyek tertentu karena prosesnya sudah digitalisasi.

(4). Membuka akses publik untuk mengadukan berbagai hal melalui aplikasi aduan baruga sulsel bahkan membuka ruang layanan aduan masyarakat untuk memberikan layanan publik yang makin berkualitas

(5). Sistem pembayaran semua belanja daerah dengan sistem transaksi non tunai dari nol rupiah semua belanja tak ada lagi tunai pembayaran langsung semua kerekening pihak yang berhak menerima pembayaran.

(6). Focus dalam mendorong kemudahan layanan perizinan melalui layanan satu pintu yang mudah, cepat, terukur dan transparan-

Bagian kedua adalah capaian setahun dalam bidang pembagunan prioritas daerah yang lain meliputi:

(1) pembangunan
infrastruktur jalan, akses jalan dari Sabang menuju Seko di Luwu Utara sepanjang 325 kilometer sudah bisa dilalui kendaraan roda empat update progres perhari ini sudah dapat ditempu dalam sehari yang sebelumnya hanya dengan roda dua dan ditempuh berhari hari, selanjutnya
Akses jalan dari Bua menuju Rantepao lewat Bastem. Jalan ini sedang perintisan dan perampungan dokumen perencanaan akan dibangun dua jalur dengan empat lajur dan jika jalur ini rampung maka Bua Rantepao sudah bisa ditempuh selama 40 menit. Progres yang lain adalah desember tahun ini ditarget pesawat ATR72 sudah bisa mendarat di Bandara Buntu Kunyi Tana Toraja. Pembangunan Bandara Tana Toraja terus digenjot untuk dirampungkan tahun ini.

Tak hanya itu, jalan pintas mulai dari Larompong menuju Kabupaten Luwu melalui Komba, tembus Tanrutedong Sidrap juga Kota Rantepao Toraja Utara dan Makale Tana Toraja akan dilengkapi dengan pedestrian yang berkualitas internasional dalam tahapan perampungan dokumen perencanaanya untuk segera dapat di tuntaskan pelaksanaanya.

(2). Membangun Rumah Sakit Regional Ainun Habibie di Pare-Pare saat ini dalam tahap perampungan untuk memberikan kualitas layanan kesehatan masyarakat di daerah, pasien tak perlu lagi harus dibawah ke makassar karena sudah ada rumah sakit regional yang disiapkan didaerah, ada 5 rumah sakit regional yang akan dibangun secara bertahap, kemudian merealisasikan pemberian ambulance laut dan darat disejumlah daerah di Sulsel.

(3). Khusus untuk Kawasan Pantai Bira di Bulukumba, terus digenjot didorong untuk menjadi destinasi wisata unggulan.

(4). Capaian yang lain adalah penguatan dan peningkatan ekspor langsung kemanca negara melalui diretcall port makassar dari Sulsel yang terus mengalami peningkatan yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi sulsel yang terus meningkat diatas pertumbuhan ekonomi nasional.

Pemerintahan Nurdin Abdullah akan segera memasuki tahun kedua, terdapat dua agenda strategis yang sudah bisa terlihat di rancangan batang tubuh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sulsel 2020, bila pada tahun pertama gencar di bidang infrastruktur, pada tahun kedua masih fokus pada hal yang sama. dengan melakukan berbagai upaya penguatan sumber pembiayaan tidak hanya bertumpu ke APBD saja, melainkan juga berupaya APBN, Kementerian agar ada dana transfer dari pusat termasuk investasi swasta yang bisa masuk ke Provinsi Sulsel.Terlihat ada dua program prioritas yang menonjol yaitu infrastruktur jalan, pendidikan, dan kesehatan dan penguatan program hilirisasi pertanian- kedua program ini focus akan berimplepentasi langsung terhadap pertumbuhan ekonomi penigkatan pendapatan dan kesejahtraan rakyat sulsel

Tentu untuk optimalisasi capaian tersebut diharapkan dukungan kepada seluruh stakeholder untuk kolaborasi dan sinergitas dari semua pihak agar sulsel yang makin maju dapat direalisasikan dengan baik. Mari kita dukung dan beri kesempatan kepada gubernur Nurdin Abdullah untuk menghadirkan pemerintahan yang akuntabel dan memajukan sulsel yang makin nyata untuk sejahtrahkan rakyat dan mendorong posisi Sulsel sebagai pilar utama pembangunan Indonesia.

 

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya