Delegasi MORA Dan MoEC fokus Action Agenda”ILE on WinS” di Manila

16 November 2019 06:58
Delegasi MORA Dan MoEC fokus Action Agenda”ILE on WinS” di Manila

 

BugisPos. – Pertemuan para menteri Departemen Pendidikan ( DepEn) se kawasan Asia-Pasifik, yang berlangsung pada hari Senin 11 – 15 November 2019 lalu di Manila Philipina pada¬† agenda¬† “International Learning Exchange WinS ke 7 di Manila Philipina.

Peserta selama program lima hari, juga mengunjungi sekolah umum di sekitar Metro Manila, menyaksikan bagaimana WASH Pemerintah diterapkan di sekolah.

Zulkifli, S.Ag, M.Si,
Kasi Kelembagaan Dan Kerjasama MI/MTs pada Direktorat KSKK Madrasah, dan pernah menjadi ketua tim prnilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional di MAN 2 Bulukumba Sulsel, bersama tujuh orang lainnya delegasi Indonesia, melalui WhatShapnya dari Manila Philipina kepada awak media ini menyampaikan, pada kegiatan yang bertepatan hadirnya para pejuang UKS/K pada penganugrahan pemenang Lomba Sekolah Sehat di Hotel Kartika Chandra Jakarta, dia selalu tim juri LSS, tidak hadir pada kegiatan tersebut, karena mendapat amanah selaku delegasi Indonesia pada kegiatan terkait soal Sekolah Sehat.

Pada kegiatan itu, Sekretaris DepEd Leonor Briones menekankan pentingnya WASH bagi kesehatan, kesejahteraan, dan martabat dasar anak-anak sekolah.

” Layanan air, sanitasi dan kebersihan diperlukan agar semua anak dapat berkembang. Namun, di sekolah-sekolah di mana anak-anak menghabiskan setengah hari mereka, toilet dasar, fasilitas cuci tangan, dan air minum tidak selalu tersedia, tulis Zulkifli mengutip penryataan Briones yang dibacakan Wakil Menteri Luar Negeri Alain Pascual.

Menurut Zulkifli, hal yang penting di sekolah adalah bagaimana kebersihan sekolah tetap terjaga seperti pada Sanitasi, Kebersihan

Layanan seperti ini, tidak hanya diperlukan untuk menjaga anak-anak tetap bersih dan sehat, tetapi mereka bagaimana agar anak anak di Sekolah tetap berprilaku hidup bersih dan sehat yang merupakan modal dasar.

Menurut Zulkifli, sesuai yang disampaikan Direktur Regional DepEd Region 6 Ma. Gemma Ledesma, pihaknya memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemajuan, dan telah dilakukan Departemen selama bertahun-tahun dalam hal WASH.

“Jami juga memiliki kesempatan untuk berbagi dengan tantangan kami dan belajar dari pengalaman rekan-rekan kami di berbagai negara di seluruh dunia,” tambah Ledesma seperti disampaikan Zulkifli delegasi Indonesia pada pertemuan itu, yang pernah bertugas di Kantor Kementerian Agama di salah satu Kabupaten di Sulsel.

Dan DepEd selaku tuan rumah WinS ILE lima hari dari 11-15 November dalam mengejar pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB 4 (SDG 4) yang bertujuan, memastikan pendidikan berkualitas inklusif dan adil dan mempromosikan kesempatan belajar seumur hidup untuk semua.

Kementerian Pendidikan dari 19 negara, pejabat DepEd, Unit non-pemerintah, telah berkomitmen untuk menyediakan layanan WASH dasar untuk semua sekolah pada tahun 2030. Selama WinS ILE, berlangsung peserta
bertukar strategi dengan sesama peserta untuk meningkatkan WASH di sekolah dengan menggunakan implementasi program berskala besar namun hemat biaya. *

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya