Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar Gelar ki Kuliah Tamu Paradiplomasi

22 November 2019 23:39
Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar Gelar ki Kuliah Tamu Paradiplomasi

BugisPos — Ahli Paradiplomasi yang juga penulis buku “Paradiplomasi Kerjasama Luar Negeri oleh Pemda di Indonesia”, Dr. Takdir Ali Mukti, M.Si.

Membawakan kuliah tamu mengenai “Tantangan Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Paradiplomasi di Era Revolusi Industri 4.0” di Mini Hall FISIP Unismuh Makassar, Jum’at (22/11/2019).

Takdir Ali Mukti mengapresiasi pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Makassar yang telah aktif menjalankan paradiplomasi.

Berdasarkan hasil penelusuran melalui media, Sulawesi Selatan dan Kota Makassar telah melakukan kerjasama luar negeri dengan aktif.

Kerjasama yang dilakukan pemerintah daerah inilah yang dinamakan paradiplomasi ungkapnya.

Konsep paradiplomasi pada dasarnya adalah bentuk sinkronisasi kepentingan semua aktor hubungan Internasional.

Tujuannya beragam, khususnya di Indonesia memaksimalkan proses pencapaian kepentingan daerah, hak daerah, dan potensi daerah, dalam berbagai bentuknya, tandasnya.

Dia menambahkan beberapa contoh kegiatan paradipomasi yang dapat dilakukan pemerintah daerah.

Diantaranya pembentukan sister city, FDI (foreign direct investment), penyelenggaraan proyek bersama dan pengiriman delegasi, tegasnya.

Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh Makassar, Dr. Nuryanti Mustari, S.IP., M.Si. mengungkapkan tujuan pelaksanaan Kuliah Tamu Paradiplomasi ini yakni mahasiswa dan civitas akademika Unismuh Makassar dapat memahami konsep kerjasama luar negeri, utamanya bagaimana pemerintah daerah dapat berperan lebih aktif dan responsif.

Turut hadir dalam Governance Guest Lecture Series (GGLS-8), Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unismuh Makassar, Dr. Hj. Ihyani Malik, S.Sos., M.Si., Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh Makassar, Dr. Nuryanti Mustari, S.IP., M.Si.

Sekretaris Prodi IP FISIP Unismuh Makassar, Ahmad Harakan, S.IP., M.H.I., Sekretaris Jenderal Perkumpulan Sarjana Hubungan Internasional Indonesia (PaSHII), Achmad Zulfikar, S.IP., M.Si., M.H., Dosen serta mahasiswa Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar dan Universitas Pancasakti.(Maruf)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya