Tauwwa, Lies F Nurdin Kunjungi YKKAI Makassar

04 December 2019 20:13
Tauwwa, Lies F Nurdin Kunjungi YKKAI Makassar
Lies F Nurdin mengunjungi Yayasan Kasih Kanker Anak Indonesia (YKKAI), Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar

BugisPos — Ketua TP PKK Sulsel sekaligus Ketua Yayasan kanker Indonesia (YKI) Sulsel, Lies F Nurdin mengunjungi Yayasan Kasih Kanker Anak Indonesia (YKKAI), Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Rabu (4/12/2019).

Hadir dalam kunjungan ini, Ikatan Wanita Perbankan Nasional (IWA Perbanas)

Dalam kesempatan itu, Lies bertemu tujuh anak pengidap berbagai jenis kanker, orang tua anak, serta para pendamping di YKKAI Makassar.

Ia membawa sejumlah kebutuhan dan berbagai mainan untuk mendukung aktivitas para penghuni yayasan.

“Ini adalah bentuk kepedulian dari Yayasan Kanker Indonesia, semoga tempat ini semakin berkah dan yang datang semakin berkurang, anak-anak bisa sembuh sepenuhnya,” kata Koes, istri Gubernur Sulsel ini.

Selama memimpin TP PKK Sulsel, Lies memberi perhatian lebih terhadap upaya pencegahan dan penyembuhan penyakit kanker.

Di setiap daerah dan wilayah di kota Makassar yang ia sambangi, Lies rutin mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menghindari konsumsi produk instan .

Juga sosialisasi penggunaan plastik minum sekali pakai yang banyak mengandung mikroplastik sebagai salah satu penyebab kanker.

“Selain oleh gen yang memang tidak bisa dihindari, kami rutin menyampaikan ke masyarakat jika turun ke daerah-daerah. Dan setiap aktivitas PKK Sulsel untuk mengonsumsi makanan sehat,” kata Lies.

“Juga menghindari konsumsi produk makanan instan dan hindari air mineral dari plastik sekali pakai sebagai bagian dari pencegahan kanker,”jelas Lies.

“Selama menjalani pengobatan, anak-anak yang berasal dari luar daerah terpaksa putus sekolah, untuk itu kami sediakan sekolah tempat mereka belajar, bermain dan diberi motivasi dari kakak mereka yang telah sembuh,” tuturnya.

Nurul menyebutkan, pihak YKKAI juga membantu para orang tua memperoleh beberapa kenis obat konsumsi yang tidak ditanggung oleh kartu jaminan kesehatan melalui pencarian donator yang bersedia menaggung obat.

Kabar baik disampikan Nurul mengenai persentasi kesembuhan anak pengindap kanker yang menghuni YKKAI Makassar cukup tinggi, yakni di kisaran 60 hingga 70 persen. (rls)

Editor : Syahrul

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya