Bupati Andi Sukri Nalantik ki Anggota BPD

06 December 2019 17:33
Bupati Andi Sukri Nalantik ki Anggota BPD

BugisPos.- Bupati Bulukumba Andi  Sukri, Jumat (6/12) sore tadi melantik dan mengambil sumpah Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kabupaten Bulukumba untuk masa jabatan 2019-2025. Pelantikan ini digelar di ruang pola kantor Bupati, dihadiri Dandim 1411 Bulukumba Letkol.Arm.Joko Triyanto, Kapolres diwakili Kabag Ops.Kompol.Hery dan undangan lainnya.

Secara rinci tujuh orang di Desa Lembang Lohe (Kecamatan Kajang), tujuh orang di Desa Lolisang (Kecamatan Kajang), tujuh orang dari Desa Sangkala (Kecamatan Kajang), tujuh orang dari Desa Salassae (Kecamatan Bulukumpa), sembilan orang dari Desa Jojjolo (Kecamatan Bulukumpa), lima orang asal Desa Lonrong (Kecamatan Ujungloe), tujuh orang dari Desa Bijawang (Kecamatan Ujungloe), sembilan orang dari Desa Seppang (Kecamatan Ujungloe), sembilan orang dari Desa Manyampa (Kecamatan Ujungloe), sembilan orang dari Desa Balong (Kecamatan Ujungloe), tujuh orang di Desa Bontomate’ne (Kecamatan Rilau Ale).

Tujuh orang asal Desa Bulolohe (Kecamatan Rilau Ale), sembilan orang dari Desa Bontomanai (Kecamatan Rilau Ale), sembilan orang di Desa Batukaropa (Kecamatan Rilau Ale) dan tujuh orang asal Desa Swatani (Kecamatan Rilau Ale).

Pada kesempatan itu, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali mengajak para anggota BPD yang baru dilantik untuk paham tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

” Salah satu tupoksi BPD yakni membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung aspirasi masyarakat desa serta mengawasi kinerja kepala desa,” kata Bupati.

Sesuai implementasi, hendaknya pelaksanaan tupoksi tersebut berlandaskan peraturan perundangan yang berlaku. ” Setelah pelantikan hari ini, saya harap segera mengikuti bimtek agar lebih paham tupoksi sebagai anggota BPD,” kata Sukri.

Sukri juga mengajak para anggota BPD untuk bekerja  sungguh-sungguh dan bertanggung jawab sesuai tugas, sebagaimana diatur dalam perundangan yang berlaku, serta memperkuat sinergitas bersama kepala desa di wilayah masing-masing dalam memajukan desa.

Menurut Bupati,v BPD harus mampu bekerjasama dan membangun komunikasi harmonis dengan kepala desa, perangkat desa, sehingga program kegiatan desa dapat berjalan dengan baik yang ujungnya akan dapat memajukan desa.

“Relasi yang harmonis antara BPD sebagai mitra strategis kepala desa menjadi keharusan demi terciptanya pembangunan di desa sesuai harapan masyarakat,” katanya.

Sementara itu Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa  Bulukumba A Roslinda A.Dahlan menyanpikan, sesuai arahan Bupati Bulukumba dalam waktu dekat akan menggelar bimbingan teknis bagi anggota BPD, agar lebih memahami tupoksi sebagai mitra kepala desa dalam memajukan desa. ” Jadi mereka akan dibekali pengetahuan terkait tupoksinya,” kata mantan Camat Rilau Ale ini.-Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya