Bugispos.com Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abd Rahman Rahim SE MM bersama dengan Bupati Wajo, Amran Mahmud meninjau tiga lokasi yang dikerjasamakan kedua lembaga itu seluas 1000 Ha.
25 December 2019 10:49

Rektor Unismuh Makassar dan Bupati Wajo Tinjau ki Lahan Dikerjasakan Seluas 1000 Ha

Rabu, 25 Desember 2019 10:49

BugisPos — Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abd Rahman Rahim SE MM bersama dengan Bupati Wajo, Amran Mahmud meninjau tiga lokasi yang dikerjasamakan kedua lembaga itu seluas 1000 Ha.

Kunjungan ke lokasi pertanian yang akan dikelola dan kerjasamakan berada pada tiga lokasi yakni, di Kelurahan Uraian dan Kelurahan Macanang Kecamatan Majauleng Wajo, serta di Desa Waetuwo.

Sebelum turun lapangan meninjau, Rektor Unismuh Makassar dan Tim kerja membawakan pemaparan konsep pengembangan pertanian terpadu di Rumah Jabatan Bupati Wajo.

Rektor Unismuh Makassar Prof A Rahman dalam sambutan pemaparan di hadapan Bupati dan Sekkab Wajo, menjelaskan tentang Wajo memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah untuk pengembangan pertanian terpadu.

“Program pertanian terpadu merupakan kelanjutan dari pemberdayaan masyarakat tetapi dengan orientasi bisnis”, ungkapnya Prof. Rahman.

Lewat program pertanian terpadu ini akan berkelanjutan, melakukan pemberdayaan masyarakat serta membuka kesempatan kerja dan ada nilai ekonomi.

Pertanian terpadu ini untuk langkah petama akan bergerak pada usaha jagung dan budidaya itik bebek.

Bupati Wajo, Amran Mahmud merespon positif kerjasama pertanian terpadu ini karena akan menggerakkan ekonomi masyarakat.

Pengembangan pertanian terpadu terkoneksi dengan 25 program unggulan bupati. Salah satu progran itu adalah mencetak 10 ribu enterpreneur pada sektor pertanian, perikanan, rumput laut serta tanaman pangan.

Potensi pertanian seluas 100 Ha, tanah perkebunan 49 ha, tambak seluas 14 Ha dan pantai sepanjang 103 km, kata Wakil Bupati Wajo di masanya ini.

Potensi itu ingin diolah dengan melakukan kolaborasi dengan pihak swasta termasuk mengembangkan lahan tidur yang masih luas.

Turut mendampingi Rektor Unismuh Makassar, Dirut PT Surya Pangan Indonesia (SPI) Unismuh Makassar, Dr. Idham Khalik, SE MM. Direktur Keuangan PT. SPI, Dr Agussalim HR, SE, MM. Serta konsultan pertanian Unismuh Makassar, Hasan Basri dan Syawal.

Sumber : Yahya
Editor : Syahrul

Author : BugisPos.com

Loading Comment
BERITA LAINNYA
POPULAR

SABTU , 27 JULI 2024