Tauwwa, Pemkot Makassar Kembali Terima Penyerahan PSU Senilai Rp 42 Miliar

27 December 2019 20:50
Tauwwa, Pemkot Makassar Kembali Terima Penyerahan PSU Senilai Rp 42 Miliar
Pemkot Makassar kembali mendapatkan penyerahan PSU dengan nilai total berdasarkan NJOP setempat Rp 42.022.624.480 , jumat (27/12/2019).

BugisPos — Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengejar aset berupa Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) terus membuahkan hasil. Setelah sebelumnya berhasil mendapatkan penyerahan PSU dari 5 pengembang termasuk dari PT. Gowa Makassar Tourism Development (GMTD) Tbk, Pemkot Makassar kembali mendapatkan penyerahan PSU dengan nilai total berdasarkan NJOP setempat Rp 42.022.624.480 , jumat (27/12/2019).

Jumlah tersebut didapatkan dari tiga kompleks perumahan dengan total luasan sebesar 34.538,411 M2. Masing-masing dari Perumahan Lagosi Permai oleh pengembang PT Jaya Andar Permai, Perumahan Sudiang 2 dan Perumahan Permata Sudiang 4 oleh pengembang PT Murtigraha Perkasa Dinamika.

PSU yang diserahkan dari ketiga perumahan tersebut berupa 8 buah sertifikat asli lahan, saluran air hujan, taman, rumah ibadah, dan 64 titik lampu jalan.

Sekda Makassar M Ansar menyampaikan apresiasi kepada pengembang dan para pihak yang terlibat atas terselenggaranya penyerahan PSU tersebut. Hal ini menurutnya telah membantu Pemkot Makassar dalam upaya menjamin pemanfaatan PSU sebagaimana diatur dalam Perda Nomor 9 tahun 2011 tentang penyediaan dan penyerahan PSU pada kawasan industri, perdagangan, perumahan, dan permukiman.

“Ketika pengembang belum menyerahkan PSU-nya kerugian bukan hanya pada masyarakat, tapi juga padah pemerintah itu sendiri,” ucap Ansar.

Sebab kata dia, secara legalitas pemerintah tidak punya kewenangan secara administratif untuk melakukan pembangunan maupun pemeliharaan PSU.

PSU akan sulit dicatat, belum lagi pemeliharaan saluran air hujan, jalan area perumahan, dan penerangan lampu jalan. Sementara masyarakat hanya mengetahui hal tersebut adalah urusan pemerintah.

“Karenanya sekali lagi, ini untuk pengembang yang lain agar lebih aktif menyerahkan PSU perumahannya ke pemerintah kota,” tutupnya.

(Sriaatuti)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya