Bank Minyak Jelantah Ada ki di Kelurahan Rappocini Raya

08 January 2020 18:27
Bank Minyak Jelantah Ada ki di Kelurahan Rappocini Raya
Sesuai namanya, Bank Minyak Jelantah Persembahan Mandiri Untuk Negeri (Bank Mandiri) tak melayani transaksi uang. Nasabah membawa minyak bekas hasil penggorengan.

 

BugisPos — Bank Minyak Jelantah Kampung Berseri Persembahan Mandiri untuk negeri (Bank Mandiri) terletak di lorong yang tak begitu luas dan sederhana di Lorong 4 RW 03 Kelurahan Rappocini Raya, Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Dari pengamatan BugisPos pada Rabu (08/01/2020), tampak pengurus Bank Minyak Jelantah, Hilmy dan Thiaradev sibuk merapikan buku tabungan para nasabah. Dia memastikan tak salah catat isi tabungan.

Di Bank Minyak Jelantah ini, melayani nasabah. Para nasabahnya juga kebanyakan ibu berdaster.

Sesuai namanya, Bank Minyak Jelantah Persembahan Mandiri Untuk Negeri (Bank Mandiri) tak melayani transaksi uang. Nasabah membawa minyak bekas hasil penggorengan.menukarnya dengan minyak baru dalam kemasan.

Puluhan jerigen besar berisi minyak berjejer rapi. Bank itu ramai dengan antrean ibu-ibu yang akan menimbang minyak bekasnya.

Ada yang membawa minyak dalam jerigen besar, ada pula yang hanya botol kecil. Tentu saja mereka pulang dengan minyak yang baru.

Ada juga nasabah yang lebih memilih menabung sampai banyak. Supaya minyak yang bisa diperoleh juga lebih banyak.

Di Bank Minyak Jelantah tersebut, warga memang bisa menabung minyaknya hingga dalam jumlah yang banyak. Bank ini menyediakan tabungan khusus.

“Makanya lebih banyak banyak minyak jelatahnya makin jadi lebih bermanfaaat,” ungkap Hilmy.

Nasabah bank minyak bekas, beber Hilmy sudah puluhan orang. Tak hanya warga setempat, lorong sebelah pun bisa yang masuk.

Minyak jelantah tersebut disulap menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis biodiesel. Hasilnya kebanyakan digunakan untuk menggerakkan mesin-mesin bermotor diesel.

“Seperti kapal nelayan, truk, pembangkit listrik dan mesin-mesin industri, beber penemu inovasi tersebut,” tegas Hilmy.

Bank Minyak Jelantah yang terletak di lorong 4, Kelurahan Rappocini, Kecamatan Rappocini Makassar, telah dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat.

Selain memberikan nilai ekonomi, kesadaran masyarakat akan kesehatan dan lingkungan kian meningkat.

Seorang ibu rumah tangga yang telah menjadi nasabah selama beberapa bulan. Dia mengaku tidak pernah lagi menggoreng dengan minyak yang berulang.

Bekas minyak penggorengannya juga tak pernah dibuang lagi. Dia simpan untuk dibawa ke Bank Minyak Jelantah.

Hampir setiap dua pekan sekali, menyetor minyak bekasnya. Hasilnya, sudah jarang membeli minyak lagi.

“Daripada saya buang, mending saya tukar. Segi ekonomi juga menghemat,” katanya. (Dg Sakking)

Editor : 094

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya