Gelar Pasukan ki di Kodim Bulukumba Hadapi Cuaca Ekstrim

08 January 2020 10:17
Gelar Pasukan ki di Kodim Bulukumba Hadapi Cuaca Ekstrim

 

BugisPos.- Menghadapi cuaca ekstrim tahun ini, Komandan Kodim 1411 Bulukumba Letkol.Arm.Joko Triyanto, S.Pd memimpin apel
gelar Pasukan dan Kesiapsiagaan penanggulangan Bencana di lapangan apel Makodim 1411 Bulukumba, Rabu (8/1) pagi tadi.

Gelar Pasukan dan Kesiapsiagaan melibatkan kurang lebih 200 orang terdiri dari Personil Kodim 1411/Blk, Polres Bulukumba
Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),
Tanggap Bencana Nasional (Tagana) serta Satpol PP Bulukumba.

Selain itu juga hadir Kapolres Bulukumba diwakili Kabag Ops.Kompol.Hery, Kasat Samapta, Kepala BPBD A.Akrim Amir, Kepala Public Safety Center, Ikhwan, PA Staf, Danramil Jajaran Kodim 1411/Blk, Kabag, Kasat dan Kapolsek Jajaran Polres Bulukumba dan para Pasi Perwira Kodim 1411.

Dihadapan peserta apel gabungan Dandim 1411/Blk Letkol.Arm.Joko Triyanto.Spd mengatakan, maksud dan tujuan apel gelar pasukan, untuk mengecek kesiapan dan kekuatan personel serta sarana dan prasarana yang siap dikerahkan dan dimobilisasi, untuk membantu penanggulangan bencana alam apabila dibutuhkan pada tahap tanggap darurat dan evakuasi di wilayah yang terkena dampak bencana alam.

Meskipun wilayah yang dilalui angin Monsun Asia melintasi Sulsel, dan sesuai informasi dari BMKG, adalah Kabupaten Barru, Pinrang dan Pare Pare, tetapi kita di Bulukumba tetap perlu waspada dan siap siaga menghadapi jika sewaktu waktu terjadi musibah.

Dandim menyatakan personil Kodim 1411 Bulukumba, Polres, BPBD, Dinas Kesehatan, Tagana , siap turun membantu jika sewaktu waktu terjadi bencana, seperti Longsor, puting beliung, banjir.

Menurut Dandim 1411/Blk, kegiatan apel tersebut salah satu kegiatan TNI dalam Hal Ini Kodim 1411/Blk dalam rangka Kesiapsiagaan bencana.

” Dalam pelaksanaannya kami memiliki kemampuan dan perlengkapan yang terbatas dalam penanggulangan bencana. Meski begitu, Personil kami siap,” sebut Dandim 1411 Blk.Letkol.Arm.Joko Triyanto.

Pada kesempatan itu, Dandim Bulukumba juga menyampaikan kedepan kembali akan maksanakan Apel gelar pasukan, untuk meyakinkan bahwa kita siap memberikan rasa aman kepada masyarakat yang berdampak Bencana.

Letkol Arm.Joko Triyanto juga menegaskan, upaya yang dilakukan jika sewaktu waktu terjadi bencana yaitu mengurangi korban bencana dengan cara Sosialisasi Protap dan sosialisasi bencana.

Kemudian sektor keamanan, Dandim 1411/Blk menyebut apabila terjadi bencana faktor kemanan yang harus di perioritaskan, selanjutnya pembenahan pasca bencana dengan cara evakuasi.

” Apabila diperlukan kami menyiapkan alat berat berupa Excavator,” terang Dandim 1411/Blk Letkol.Arm.Joko Triyanto, dilanjutkan
pemeriksaan peralatan dan perlengkapan serta Posko bencana, oleh Dandim 1411/Blk bersama undangan.- Suaedy

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya