Siapa yang Tembak ki Dg Liwang ?

12 January 2020 02:49
Siapa yang Tembak ki Dg Liwang ?
Asda, putri Dg Liwang didampingi Andi Akbar, SH

 

BugisPos — Tim penyidik Polres Gowa tampaknya ektra hati-hati dalam mengungkap kasus pembunuhan atas diri Dahlan Dg Liwang (53) pada Kamis subuh,19/12/2019. Dg Liwang adalah pria yang sehari-harinya bekerja sebagai penjual coto Makassar, disamping juga sebagai pengurus tanah dan penjaga lahan sengketa di kawasan Jl.Hertasning Makassar dan Jalan Tun Abdul Razak, Kabupaten Gowa. 

Dg Liwang tewas dengan luka tembakan pada bagian pinggang tembus ke punggung belakang. Celakanya, selongsong peluru belum juga ditemukan di sekitar kejadian tersebut di Jl.Hertasing pada subuh hari.

Seandainya selongsong peluruh tersebut ditemukan, maka tentu saja akan menjadi petunjuk kuat tentang siapa pembunuhnya. Pertanyaanya, mampukan polisi menemukan selongsong peluru tersebut? Yang pasti, sampai berita ini naik cetak, pembunuh Dg Liwang belum juga bisa teridentifikasi.

“Kami meminta agar kematian orangtua kami segera ditangkap dan jangan ada yang ditutupi,” tegas Asda (27), putri sulung korban. Keluarga korban mengaku bahwa luka yang terdapat pada tubuh korban merupakan luka peluru tajam dan bukan luka tikaman. 

“Luka pada tubuh almarhum ada dua dan itu luka tembakan yang tembus dari depan ke belakang,” ujar Asda. 

Polisi sampai saat ini masih melakukan penyelidikan, dan telah mengerahkan segala sumber daya termasuk tim Jihandak Polda Sulsel dan anjing pelacak guna menemukan proyektil peluru di sekitar lokasi. 

Meski demikian, hingga saat ini, aparat kepolisian belum mampu mengungkap penyebab tewasnya korban. 

“Kami belum bisa memberikan keterangan resmi apakah korban pembunuhan atau bukan sebab masih menunggu hasil otopsi rumah sakit,” kata Kasubag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan.

Jumpa Pers

Keluarga korban Dg Liwang yang diwakili oleh anak perempuan korban, mengadakan jumpa pers di Sekretariat Pengurus Wilayah Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PW PBHI Sulsel), Jalan Topaz Raya, Kom.Ruko Zamrud, Blok B/16 Makassar, Sabtu, 04/01/2020.

Dalam jumpa pers, anak korban HM (26) mengungkapkan harapannya kepada Polres Gowa agar kasus pembunuhan bapaknya segera terungkap.

“Saya mewakili keluarga korban Dg Liwang berharap kepada Kapolres Gowa segera mengusut tuntas kasus pembunuhan orang tua tunggal saya , kami sekeluarga merasa terancam terhadap kasus pembuhan ini dan kami harap Polres Gowa memberi perhatian khusus kepada kasus kematian bapak kami, lebih-lebih orang tua saya diduga kuat dibunuh dengan senjata sejenis senjata api,” ungkap HM.

Dalam jumpa pers tersebut pihak keluarga didampingi oleh Pengurus Wilayah PBHI Sulsel.

Syamsulmarlin Bidang Advokasi dan Bantuan Hukum PW PBHI Sulsel dalam jumpa pers mengatakan, kasus ini telah dikuasakan ke PW PBHI Sulsel sebagai kuasa hukum keluarga korban sebab ini persoalan ketidakadilan.

“Ini persoalan ketidakadilan, keluarga korban merasa terancam sebab ketidak jelasan kasus pembinuhan tersebut, kami juga mempertanyakan profesionalisme Kapolres Gowa dalam mengusut kasus tersebut,” ucap Syamsulmarlin

Ia menambahkan, dari penuturan keluarga korban dugaan kuat sementara menggunakan sejata api jarak dekat dari belakang tembus ke depan. Sayangnya proyektil tidak ditemukan di TKP. Dari pihak PBHI masih terus menunggu hasil autopsi dan berharap agar Polda Sulsel secara profesional mempertanyakan kinerja Polres Gowa serta memudahkan keluarga korban dalam menerima informasi perkembangan kasus secara transparan sehingga ada kepastian hukum dan keadilan yang didapatkan oleh keluarga korban.

Penting untuk diketahui, diduga dibunuh mayat Dg Liwang ditemukan di tepi kanal samping Perumahan Citraland Celebes, Jalan Tun Abdul Razak, Gowa (**)

Editor : Zhoel

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya