NA : Terkait Bencana,Tidak Pake Lama

13 January 2020 23:00
NA : Terkait Bencana,Tidak Pake Lama
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Bupati Barru, Suardi Saleh.

 

BugisPos — Gubernur Sulsel, Prof.Dr.Ir. H.M.Nurdin Abdullah, M.Agr memerintahkan seluruh aparat pemerintah baik itu Pemprov maupun Pemkab agar cepat menangani bencana.

Hal itu diungkapkan oleh Nurdin Abdullah (NA) dalam kunjungannya ke Kabupaten Barru untuk memantau langsung korban dan penangangan pasca bencana di Kantor Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru, pada Senin (13/01/2020). Dalam kunjungan gubernur kali ini, Nurdin Abdullah didampingi oleh Kadis Kominfo-SP Sulsel, H. Sarbini.

Seperti diketahui sebelumnya, tiga kecamatan di Kabupaten Barru yaitu, Kecamatan Soppeng Riaja, Kecamatan Balusu dan Kecamatan Mallusetasi mengalami bencana banjir dan angin kencang.

Berdasarkan data dari BPBD Barru, yang dilaporkan Bupati Barru, Suardi Saleh kepada Nurdin Abdullah menyampaikan bahwa musibah angin kencang pada tanggal 5/1/2020 diperkirakan mengalami kerugian sebesar Rp. 259.048.000 dengan rincian kerusakan sebagai berikut :
Rumah rusak ringan sebesar 176 rumah.
Rumah rusak sedang sebesar 35 rumah
Rumah rusak berat sebesar 2 rumah.
Walaupun dalam musibah ini tidak ada korban jiwa, namun beberapa fasilitas umum mengalami kerusakan di antaranya, pasar Takkalasi dan Pesantren DDI Mangkoso.

Sedangkan musibah banjir dan angin kencang pada Minggu (12/1/2020) kerugian ditaksir sebesar 11.365.053.000. Pada musibah ini, korban jiwa 1 orang dan sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan, di antaranya, Pasar Takkalasi dan Pasar Ajjakkang. Selain itu, tanggul Simpang Binangae rusak, ruas jalan Lawallu-Tanrahalana terputus, jembatan gantung Kiru-Kiru terputus serta sejumlah kantor pemerintahan, sekolah dan rumah ibadah terendam banjir.

Mendapat laporan dari Bupati Barru, Nurdin Abdullah segera merespon laporan tersebut dengan tindakan cepat dan nyata.

“Penanganan bencana itu tidak perlu lama, harus cepat ditangani, bahkan sebelum media datang meliput, penanganan bencana harus sudah beres,” ujarnya.

“Penanganan bencana itu dari pihak BPBD kabupaten kan ada anggarannya, saya dari provinsi juga akan membantu dalam anggaran penanganan bencana,” lanjutnya.

“Kalau mengenai ruas jalan atau jembatan yang terputus, jangan pake lama, langsung ke toko bangunan, ambil semen, ambil pasir, ambil balok, notanya setor ke bagian keuangan saya,” tegas Nurdin Abdullah.

Sumber : Aden
Editor : One

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya