Hasdullah Dorong Sekolah Adiwiyata di Sulsel

17 January 2020 19:42
Hasdullah Dorong Sekolah Adiwiyata di Sulsel
Kadis DPLH Andi Hasdullah.

 

BugisPos — Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Sulsel Ir. H. Andi Hasdullah, M.Si merespon pertanyaan media terkait penerapan pengelolaan sekolah berbudaya dan peduli lingkungan atau biasa disebut program adiwiyata di Kantor DPLH Sulsel pada Jumat (17/1/2020).

Hasdullah menjelaskan bahwa ia selaku Kadis PLH mengajak dan meminta seluruh kepala sekolah di Sulsel agar kiranya menerapkan pengelolaan sekolah yang bersih, sehat, yang ramah lingkungan.

Gubernur Nurdin Abdullah sudah menekankan terkait pengelolaan lingkungan di Sulsel agar ditangani dengan serius, mulai dari pengurangan dan tertib tata kelola sampah, pengelolaan limbah B3, Sulsel hijau sampai pada tertib perambahan hutan dan konservasi lingkungan yang berkelanjutan.

Ditekankan bahwa pengelolaan lingkungan yang salah itu berpotensi mendatangkan bencana misalnya banjir, kekeringan, longsor, erosi pantai, pencemaran udara dan air yang mengancam terhadap kantibmas, ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

“Sehingga kita semua harus bergerak bersama membagun dan memhadirkan kemakmuran rakyat sulsel yang berwawasan lingkungan,” ungkap Kadis yang akrab disingkat AH.

Hasdullah sebut bahwa seluruh sekolah harus digerakkan untuk mengelola lingkungan sekolah yang ramah lingkungan.

“Saya berharap seluruh kepala sekolah menerbitkan surat keputusan tentang pelaksanaan adiwiyata yang menjadi rujukan masing masing sekolah untuk memaksa setiap sekolah menerapkan adiwiyata,” bebernya.

“Bahkan bagaimana ramah lingkungan itu harus masuk menjadi kurikulum serta menerapkannya dalam lingkungan sekolah,” lanjutnya.

“Saya minta lingkungan sekolah adiwiyata itu dapat berdampak terhadap lingkungan permukiman disekitar sekolah itu ikut mengelola lingkungan bersih dan ramah dengan mencontoh penataan sekolah adiwiyata itu,” imbuhnya.

Dampak lain adalah tertanam pada siswa peduli lingkungan sehingga nanti setelah ia keluar sekolah akan lahir relawan peduli lingkungan ditengah masyarakat, proses belajar mengajar juga akan berlangsung dengan baik karena didukung lingkungan sekolah yang nyaman, bersih, sehat dan ramah langkungan lahir siswa yang cerdas dan berdaya saing tinggi.

Hasdullah sekali lagi meminta seluruh kepala sekolah tak terkecuali bergerak bersama untuk lingkungan sekolah adiwiyata itu, untuk mendorong akan ada pemeringkatan dan penilainan sekolah adiwiyata tingkat kabupaten kota, lalu diseleksi lagi pada tingkat provinsi dan kemudian tingkat nasional.

“Kita berharap sekolah adiwiyata Sulsel bisa masuk dan membawa Sulsel menjadi salah satu yang terbaik di indonesia,” tutup Hasdullah.

 

Editor : One

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya