Kodim 1411 Bulukumba Pelopori ki Tanam Pohon di Sekitar Sungai Anyorang

19 January 2020 08:45
Kodim 1411 Bulukumba Pelopori ki Tanam Pohon di Sekitar Sungai Anyorang
Dandim 1411 Bulukumba Letkol.Arm.Joko Triyanto,S.Pd melakukan penanaman bibit pohon di sekitar sungai Anyorang, kemarin

 

BugisPos.- Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam dan abrasi khususnya di pinggir sungai Anyoran Kel.Palampang dan Desa Bulo-Bulo, sekaligus mengurangi polusi udara, kemarin Komandan Kodim 1411/Bulukumba Letkol.Arm.Joko Triyanto.S.Pd serta para personel Koramil 1411-02/Tanete dan warga Kel.Palampang dan Desa Bulo-Bulo Kec. Bulukumpa Kab. Bulukumba melaksanakan penanaman pohon jenis Pohon Mahoni dan Jati.

Komandan Kodim 1411/Blk Letkol Arm Joko Triyanto,S.Pd mengatakan, Kegiatan penanaman pohon tersebit untuk menggugah kita semua akan pentingnya pelestarian hutan dan menjaga keseimbangan ekosistemnya.

” Peristiwa abrasi tepi sungai menjadi pelajaran berharga bagi kita semua dan sangat penting menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya hutan sebagai daerah resapan. Dan tugas kita bersama memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan agar bencana dapat dicegah,” kata Letkol.Arm.Joko Triyanto.

Dan menurutnya tujuan penanaman bibit pohon di sepanjang sungai Anyorang adalah untuk mencegah erosi dan tanah longsor, melindungi cekdam agar tidak tertimbun longsoran tanah dan juga untuk menahan arus air yang kuat.

Ditegaskan pula, kita semua memiliki kewajiban memberikan edukasi kepada warga yang tinggal di wilayah rawan bencana longsor dan banjir, untuk juga menjaga keseimbangan lingkungan.

Sementara itu Kadis LHK A.Syamsul Muhayat mengatakan mendukung aksi penanaman pohon yang dipelopori Kodim 1411 Bulukumba, dan siap bekerjasama dengan instansi terkait untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan tanah longsor.

” Kami atas nama pemerintah Kabupaten Bulukumba sangat mendukung kegiatan penanaman pohon ini, tentunya dengan penanaman pohon ini bisa meminimalisir terjadinya banjir dan tanah longsor di daerah ini,” katanya.

Dia berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan dengan melibatkan semua instansi terkait, terutama pada daerah yang belum memiliki ruang terbuka hijau.

Pada kegiatan tersebut seperti disampaikan Dandim 1411/Blk, bibit pohon yang ditanam diantaranya pohon mahoni sebanyak 1000 batang, jati 1000 batang, akasia 1000 batang, dan penanaman secara simbolis dilakukan Forkopimda di pinggir sungai Anyorang yang mengaliri 1 Kelurahan dan 3 desa yaitu Kel.Palampang, Desa Bonto Harua, Desa Swatani dan Desa Karama.

Kegiatan tersebut selain dihadiri Kadis DLHK mewakili Bupati Bulukumba, Dandim 1411/Blk -Letkol Arm Joko Triyanto S.Pd, Kapolres AKBP Syamsu Ridwan S.I.K, – Kadis Kehutanan Prov Sul Sel Di Wakili Ir Ansar, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wil VIII Kab Bulukumba), Anggota DPRD Bulukumba Ahmad Saeful SE –
Ketua Persit KCK Cabang XXVIII Kodim 1411/Blk,
Ny Anita Purnamaningsi bersama pengurus Persit , Ketua TP PKK Siti Isniyah, pengurus Bhayangkari Polres Bulukumba, para Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 1411/Blk, Kapolsek Bulukumpa AKP Budiawan SH, Kapolsek Rilau Ale Iptu H.Amri S, Personil gabungan Kodim 1411/Blk dan Polisi Kehutanan pelajar MAM Palampang dan warga setempat.- Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya